Hari Terakhir, Pendaftar Capim dan Dewas KPK Tembus 352 Orang

Pansel Capim KPK sambangi gedung merah putih guna minta wejangan sosok pimpinan nantinya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Pendaftaran calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasuki hari terakhir. Pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 06.50 WIB, jumlah yang telah mendaftar sebanyak 352 orang.

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

"(Pendaftar) pimpinan 210, Dewas 142," kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh kepada wartawan.

Yusuf Ateh menyebutkan, jumlah tersebut berdasarkan pengunggah dokumen persyaratan lengkap. Sedangkan yang baru melakukan registrasi ada 796 akun.

Pimpinan Ingin KPK Nanti jadi Oposisi Pemerintahan Prabowo Subianto

Yusuf Ateh belum mengungkapkan siapa saja figur-figur yang mendaftarkan diri sebagai capim maupun Dewas KPK. Namun, dia menyebutkan, jumlah pendaftar kian bertambah jelang penutupan pendaftaran. 

Pansel Calon Pimpinan KPK 2024-2029

Photo :
  • Humas Kemensetneg
Pencarian Harun Masiku, KPK Temukan Mobilnya yang Diparkir Bertahun-tahun

Sebelumnya diberitakan, Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta kepada seluruh Pansel Capim dan Dewas KPK menjadikan seleksi Capim KPK tahun 2019 sebagai bahan evaluasi. Sebab, hal itu bertujuan agar bisa menghasilkan pimpinan KPK yang tidak bermasalah.

"ICW seringkali mengatakan kalau ingin berhasil proses seleksi 2024, evaluasi dulu apa yang terjadi di 2019," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dikutip Sabtu, 13 Juli 2024.

Kurnia meminta kepada Pansel Capim KPK saat ini untuk berkaca pada seleksi pimpinan KPK tahun 2019, karena saat itu tidak mengedepankan nilai integritas.

Adapun pendaftaran capim dan calon Dewas KPK dibuka sejak 26 Juni secara online. Pendaftaran akan berakhir pada 15 Juli 2024. Selanjutnya, proses administrasi akan dilakukan pada 16-22 Juli. Hasilnya diumumkan pada 24 Juli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya