Rayakan Hari Bhayangkara ke-78, Polri Sukses Selenggarakan Ajang Stand-up Comedy

Hari Bhayangkara Polri ke-78
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Tepat tanggal 1 Juli 2024 kemarin, Institusi Polri baru saja merayakan Hari Bhayangkara ke-78. Serangkaian acara telah dipersiapkan untuk menyambut hari spesial ini, dan ajang Stand up Comedy Polri menjadi salah satunya. 

Azizah Salsha Laporan Akun Penyebar Hoaks dan Fitnah ke Bareskrim Polri

Melalui kompetisi ini, Polri ingin menunjukkan bahwa institusinya memang selalu terbuka dengan segala kritik dan aspirasi masyarakat yang membangun. Stand-up Comedy sendiri dianggap sebagai sarana yang menyenangkan untuk menyampaikan keresahan masyarakat terhadap kinerja Polri saat ini. 

Tahun 2024 menjadi tahun ke tiga kompetisi Stand-up Comedy Polri diselenggarakan. Bisa dibilang, ajang ini menjadi salah satu kompetisi yang dinantikan para komika di seluruh Indonesia. Pada kompetisi tahun ini, total 1,000 peserta dari berbagai daerah dan beragam profesi ikut serta di dalamnya. Tahapan seleksinya sendiri terbagi dalam 3 babak yang dilakukan secara daring dan luring.

Polri Gelar Operasi Puri Agung untuk Pengamanan 2 Agenda Internasional di Bali

Mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”, para peserta yang lolos ke babak Semifinal dan Grand Final, tidak hanya sukses mengangkat keresahan mereka terhadap Polri dengan sangat lucu, namun juga sukses mengkolaborasikan tema yang ditentukan ke dalam materi mereka.

4 Pejabat Universitas Jambi Jadi Tersangka TPPO Mahasiswa ke Jerman, Ini Daftarnya

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Brigjen Mukti Juharsa selaku Ketua Penyelenggara menyebut acara tersebut meriah. Semua kritik yang disampaikan cukup membangun.

“Acara ini alhamdulillah cukup meriah, cukup bagus. Semua kritikannya membangun, kita tindaklanjuti untuk polri ke depan yang lebih baik lebih dekat dan dicintai masyarakat,” kata Mukti di Mall Kemang Village, Jakarta. 

Mukti mengatakan tiap tahunnya acara stand up comedy itu akan terus diadakan. Karena, kata dia, polri butuh kritik masyarakat yang membangun.

“Bahwa ini akan terus tiap tahunnya karena sudah ada piala bergilir, yang diberikan pak kapolri,” kata dia.

“Tetep kita butuh kritik masyarakat yang membangun polisi, ya. Karena kita tidak anti kritik, justru kritikan itu membangun kita menjadi lebih baik,” tambahnya

Hadiah yang ditawarkan dalam kompetisi ini juga beragan, 8 peserta yang berhasil lolos ke babak Grand Final, langsung membawa pulang satu unit sepeda motor listrik. Bukan hanya pesertanya saja yang mendapat hadiah, melainkan para suporter dengan yel-yel terheboh pun meraih hadiah. 

Dalam babak Grand Final hadir Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo serta beberapa pejabat utama Polri di antaranya Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Kadiv Humas Polri Brigjen Sandi Nugroho, dan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Brigjen Mukti Juharsa.

Sementara Bobby Stand-up Indo Ciledug berhasil membuat suasana meriah, setiap beat yang dibawakannya selalu menghasilkan tawa yang luar biasa. Wajar, jika akhirnya ia keluar sebagai jawara 1 dari Stand-up Comedy Polri 2024  sementara Jerry dari Stand-up Indo Jakarta Utara meraih juara 2, sedangkan Stand-up Indo Jakarta Selatan  Andre sebagai juara ke 3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya