Polda Papua Buru Bripda Aske Yang Curi Empat Pucuk Senjata Api di Polres Yalimo

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Jayapura - Kepolisian Daerah Polda Papua hingga kini masih memburu dan melakukan pencarian terhadap Bripda Aske Mabel (23) pelaku pencurian empat pucuk senjata api jenis AK beserta puluhan amunisi milik Polres Yalimo.

Polres Bogor Petakan Ada 120 TPS Rawan Konflik Saat Pilkada 2024

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Sabtu, 13 Juli 2024, mengakui pencarian terhadap anggota Polres Yalimo itu hingga kini keberadaan yang bersangkutan belum termonitor.

Untuk membantu pencarian Bripda Aske Mabel, kata Fakhiri, saat ini satu pleton Brimob Polda Papua telah dikerahkan untuk diperbantukan ke Polres Yalimo.

Momen Kemerdekaan, BCA Kasih Bunga KPR hingga KKB Terendah Sepanjang Sejarah

Senjata api (foro ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Dia juga menyatakan belum bisa dipastikan apakah Bripda Aske Mabel bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau tidak.

KKB Anak Buah Egianus Kogoya Ditangkap! Terlibat Aksi Pembunuhan hingga Pencurian Senjata

Fakhiri mengatakan pihaknya juga sudah meminta bantuan keluarganya agar bila ada komunikasi dengan yang bersangkutan untuk meminta yang bersangkutan agar mengembalikan senjata api tersebut.

Bripda Aske Mabel mengambil empat pucuk senjata api jenis AK milik Polres Yalimo pada 9 Juni 2024, setelah mengancam anggota yang berjaga di Markas Polres Yalimo di Elelim, Papua Pegunungan.

Sebelum melakukan aksinya, pelaku yang berpakaian preman mendatangi Markas Polres Yalimo di Elelim dan beralasan menumpang untuk melakukan mengisi daya ponselnya.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Photo :
  • Puspen TNI

Pelaku yang dalam keadaan mabuk membawa rangsel besar dan mendatangi ruangan tempat penyimpanan senjata api serta memasukkan tiga pucuk senjata ke dalam tas rangsel, sedangkan satu pucuk lainnya dipegang.

Saat ditegur anggota polisi yang berjaga saat itu, Bripda Aske langsung mengokang senjatanya hingga anggota jaga tersebut merasa takut dan terancam nyawanya sehingga dia lari menyelamatkan diri. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya