Kata TNI AD Terkait Dugaan Prajurit Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan di Karo

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi dan Pangdam Cenderawasih Mayjen Izak
Sumber :
  • Antara

Jakarta - Dinas Penerangan TNI AD angkat bicara soal adanya dugaan keterlibatan oknum prajurit TNI AD pada peristiwa pembakaran rumah wartawan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. TNI AD mempersilahkan semua pihak untuk melapor apabila menemukan ada bukti keterlibatan oknum prajutit TNI AD pada kejadian itu.

Polisi Lakukan olah TKP dan Periksa 4 Saksi Usut Dugaan Penistaan Agama Wanda Hara

"TNI AD akan menindaklanjuti setiap informasi dan indikasi yang ada, bahkan kami berterima kasih apabila ada informasi, bukti-bukti dari masyarakat yang mengetahui dugaan keterlibatan anggota TNI," ucap Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigjen TNI Kristomei Sianturi, Sabtu, 13 Juli 2024.

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon
Resmi Dilantik Jadi Kadispenad Gantikan Brigjen TNI Kristomei, Kolonel Wahyu Pecah Bintang

Dirinya mengatakan, jika ada keterlibatan oknum prajurit TNI AD, maka pihaknya bakal terbuka melakukan penyelidikan. Dia menegaskan pihaknya siap menuntaskan kasus itu dan melakukan tindakan tegas kalau ada anggotanya yang jadi pelaku.

"Apabila memang terbukti bersalah atau melanggar hukum, TNI AD akan tetap memproses hukum anggota anggota yang melanggar hukum sesuai aturan dan perundang undangan yang berlaku," ucap dia lagi.

Jenderal Maruli Lantik 12 Perwira Tinggi TNI AD, Ada Nama Pangkostrad hingga Pangdam Jaya

Sebelumnya diberitakan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan tidak ada satu pun anggotanya yang terlibat dalam peristiwa pembakaran rumah wartawan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

"Enggak ada, enggak ada (anggota TNI terlibat)," kata Agus kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Agus menyebut, Polri telah menangani peristiwa kebakaran tersebut yang menewaskan satu keluarga.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • Puspen TNI

Wartawan bernama Rico Sempurna Pasaribu ditemukan tewas bersama istri, anak, dan cucunya pada 27 Juni 2024 sekitar pukul 03.30 WIB. Rumah berukuran 2,5 x 4 meter itu habis terbakar oleh api yang tak kunjung padam.

Dugaan keterlibatan TNI muncul karena Rico pernah mengunggah di media sosial mengenai dugaan prajurit Batalion 125/Si'mbisa yang menjadi beking lapak perjudian. Rico juga sering menulis tentang praktik judi yang diduga dilindungi oleh oknum prajurit TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya