Prabowo ke Capaja TNI-Polri: Negara Harus Utuh, Aman, Terlindungi

Menhan RI Prabowo Subianto di acara pembekalan calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Juli 2024 (sumber: Tim Media Prabowo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menekankan kepada ratusan calon perwira remaja TNI-Polri 2024 harus jadi seorang tentara dan polisi yang kuat dan hebat.

Prabowo Temui Anwar Ibrahim, Bahas Penguatan Hubungan Indonesia-Malaysia

Hal itu diungkap saat memberikan pembekalan kepada 906 calon perwira remaja TNI-Polri 2024 di Jakarta, Jumat, 12 Juli 2024. Prabowo menjelaskan, tujuan awal nasional dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumbah darah Indonesia.

"Yang pertama melindungi baru memajukan kesejahteraan. Jadi ekonomi, kemakmuran itu kedua pertama melindungi baru mencerdaskan, baru Pendidikan, melaksanakan ketertiban dunia," ujar dia, Sabtu, 13 Juli 2024.

Menhan Prabowo Temui Raja Malaysia, Ini yang Dibahas

Menhan RI Prabowo Subianto di acara pembekalan calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri l di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Juli 2024 (Biro Humas Setjen Kemhan)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Prabowo mengatakan, pembangunan bakal sia-sia belaka kalau negara tidak mampu melindungi rakyatnya. Dia menyebut negara tidak utuh kalau rakyatnya tidak aman.

"Untuk apa, kita bangun gedung-gedung, untuk apa kita bangun pelabuhan, bandara untuk apa kita bangun kereta api, untuk apa kita bangun jalan raya, untuk apa kita bangun waduk kalau negara ini tidak utuh, tidak aman, tidak terlindungi," kata Prabowo.

Sejumlah Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI dan Polri mengikuti pembekalan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Lebih lanjut Prabowo menekankan, TNI dan Polri harus jadi garda terdepan guna melindungi seluruh bangsa Tanah Air. Kata dia, nasib bangsa dan rakyatmu berada di pundak calon perwira remaja TNI-Polri.

"Jadi saudara-saudara masuknya kalian ke dalam TNI dan Polri adalah bagian dari tujuan nasional. Kita butuh tentara yang sangat kuat, kita butuh kepolisian yang sangat hebat. Ini survival kita sebagai bangsa," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya