Kapal Nelayan Bersama 16 ABK Tenggelam di Karimunjawa, 7 Orang Belum Ditemukan

Tim Basarnas Semarang lakukan pencarian ABK KM Soneta yang tenggelam di Karimunjawa.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Sebuah kapal nelayan tenggelam bersama 16 awak buah kapal (ABK) yang ada di dalamnya di perairan Karimunjawa Jepara, Jawa Tengah.

Penumpan Penyeberangan Diproyeksi Naik 3 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika, ASDP Siapkan Ini

Kepala Basarnas Semarang, Budiono menjelaskan, laporan masuk pada Jumat, 12 Juli 2024 dan pihaknya langsung mengerahkan tim untuk melakukan pencarian. Sementara peristiwa itu terjadi pada Kamis, 11 Juli 2024 sekitar pukul 13.00 WIB dan menenggelamkan seluruh muatannya termasuk ke 16 ABK dari Kapal bernama KM Soneta itu.

"Kami terima informasi dari pemilik kapal bahwa KM Soneta tenggelam di utara Karimunjawa beserta 16 ABK-nya dan saat ini kami sudah mengirimkan tim dari KN SAR Sadewa untuk melakukan pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono.

Seram! Ikan Paus Serang Dua Nelayan di New Hampshire, Kapalnya Langsung Tenggelam

Tim Basarnas Semarang lakukan pencarian ABK KM Soneta yang tenggelam di Karimunjawa.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Ia menjelaskan, KM Soneta itu berangkat melaut pada tanggal 6 Juli 2024 untuk mencari ikan di perairan utara Laut Jawa. Kemudian pada saat berada di atas perairan Karimunjawa, tepatnya 11 Juli 2024 siang terjadi peristiwa tersebut.

Jurus Kemenhub Dongkrak Kualitas Pemeriksaan Kecelakaan Kapal

Dari 16 awak kapal, ada 9 yang sempat ditemukan terombang-ambing oleh kapal nelayan KM Bintang Barokah asal Tegal yang kebetulan melintas. Sedangkan 7 awak kapal lainnya belum diketahui keberadaannya.

"Tim tadi sudah melakukan pencarian ke arah barat dan timur dari TKP sejauh 4 nautical mile tapi belum membuahkan hasil. Sementara malam ini kapal sandar di pelabuhan Karimunjawa dan akan melanjutkan pencarian Sabtu," ungkap Budiono.

Terkait penyebab tenggelamnya kapal KM Soneta, kata Budiono, belum diketahui karena ABK yang selamat belum bisa dimintai keterangan. Mereka masih dalam perjalanan ke pelabuhan Tegal.

"Saat ini telah bergabung dengan kami dari Lanal, Polair, SROP Semarang, Rembang, Jepara dan Karimunjawa. Untuk ombak berkisar antara 1 sampai dengan 1,5 meter. Semoga ombak cukup landai dan usaha tim SAR gabungan membuahkan hasil," kata Budiono

Berikut data nama ke 16 ABK KM Soneta:

Sudah ditemukan selamat:
1. Khamim
2. Nur Cholis
3. Sumardi
4. Sulaimin
5. Andik
6. Derman
7. Jaidi
8. Muntari
9. Damuri

Masih dalam pencarian:
1. Sujadi
2. Darkim
3. Kismun
4. Nur Nawawi
5. Sarju
6. Sugiono
7. Sunardi

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya