7 Fakta dan Kronologi Ibu di Indramayu Melahirkan 5 Bayi Kembar Sekaligus

Ibu di Indramayu Melahirkan Bayi Kembar 5 sekaligus
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Kejadian langka yang penuh dengan keajaiban terjadi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, di mana seorang ibu bernama Nuraeni melahirkan 5 bayi kembar sekaligus.

Viral 2 Pria Kepergok Curi Besi di Halte Busway hingga Lantai Tinggal Kerangka, Netizen Murka

Kejadian itu lantas viral di media sosial, pihak RSUD Indramayu yang membantu proses persalinan Nuraeni pun mengungkapkan, kejadian ini baru pertama kali terjadi di Indramayu.

“Kelahiran bayi kembar lima ini baru pertama kali terjadi di Indramayu,” kata Direktur RSUD Indramayu dr Deden Bonni Koswara di Indramayu, Senin 8 Juli 2024.

Viral Kecoak Terbang di Gerbong KRL, Auto Bikin Penumpang Teriak Histeris

Berikut 7 fakta dan kronologi ibu di Indramayu melahirkan 5 bayi kembar sekaligus.

1. Pasien Rujukan dari Puskesmas Kerticala

Gapura Wisata Kendari-Toronipa Anggaran Rp32 Miliar Kopong, Kepala DSDAM Berdalih Anggaran Sesuai

Direktur RSUD Indramayu, dokter Deden Benny Koswara menjelaskan kronologinya, di mana Nuraeni merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Kerticala yang dirujuk ke RSUD Indramayu.

"Ibu ini mengalami mules dan dirujuk dari Puskesmas Kerticala, Kemudian dibawa oleh bidan dan masuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Indramayu pada pukul 3 pagi," kata Deden seperti dilansir dari tvOne.

2. USG Awal Bayi Kembar 4

Pada awalnya, sang ibu telah melakukan pemeriksaan USG, namun dokter dari RSUD kembali melakukan pemeriksaan USG,

"Setelah dilakukan pemeriksaan medis, kami mendeteksi empat bayi melalui USG," kata Deden.

3. Melahirkan Pukul 17.30 WIB Secara Caesar

Pada pukul 17.30 WIB, pasien keluar cairan ketuban sehingga tim medis dari RSUD  segera melakukan operasi Caesar kepada Nuraeni.

"Dokter Siswono, spesialis kandungan kemudian memutuskan untuk segera melakukan operasi caesar. Dari hasil operasi, ternyata ditemukan lima bayi, bukan empat seperti yang diperkirakan sebelumnya," jelas Direktur RSUD Indramayu, Deden.

4. Melahirkan 4 Bayi Perempuan dan 1 Laki-laki

Setelah proses operasi caesar, kelima bayi dan sang ibu selamat, dari kelima bayi kembar tersebut, 4 bayi berjenis kelamin perempuan dan 1 laki-laki.

"Operasi pada jam 18.44 WIB, selesai jam 19.45 WIB. Didapatkan ternyata ada lima bayi hasil operasi tersebut, Jadi pada jam 19.34 WIB ya itu jenis kelaminnya perempuan terus yang kedua, ketiga sampai keempat. Terakhir itu laki-laki. Jadi totalnya lima dengan berat badan yang berbeda-beda," beber Deden.

5. Kelima Bayi Lahir dalam Kondisi Prematur

Kelima bayi kembar tersebut lahir dalam kondisi prematur,  usia kandungan Nuraeni baru menginjak 34 minggu atau setara 7 bulan 2 minggu.

6. Dua dari Lima Bayi Kondisinya Sedikit Menurun

Meskipun kondisi ibu dan kelima bayi sehat, namun terdapat 2 bayi yang kondisinya sedikit menurun.

"Dari kelima bayi, ada dua yang kondisinya sedikit menurun, hasil evaluasi dari dokter Anan, spesialis anak, dan tim medis kami menunjukkan bahwa dua bayi tersebut membutuhkan bantuan pernapasan dengan mesin," jelas Deden.

7. Kehamilan yang Kedua

Nuraeni yang melahirkan 5 bayi kembar sekaligus ini bukanlah merupakan kelahiran pertama, ini merupakan kehamilannya yang kedua.

"Ini adalah kehamilan yang kedua. Anak pertama sekarang sudah berumur 8 tahun," jelas Deden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya