Heru Budi Bilang Ada Upacara Militer 17 Agustus di IKN tapi Hiburannya di Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan agenda serangkaian upacara 17 Agustus dengan tata cara militer akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. Namun, menurut Heru, untuk rangkaian hiburan, akan lebih banyak di Jakarta.

Tata Penganiaya Balita di Daycare Ditahan dalam Kondisi Hamil, Jokowi Minta Maaf

Heru rencananya akan mengikuti upacara 17 Agustus di IKN. Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI, Joko Agus Setyono akan mengikuti upacara di Jakarta. 

"Saya di sana (di IKN) dan pak Sekda di sini (Jakarta). Tata upacara militer di IKN, di sini (Jakarta) juga ada. Cuma disesuaikan. Kegiatan hiburan ada di Jakarta," kata Heru di Jakarta Selatan, Jumat, 12 Juli 2024.

Menteri PUPR Basuki Memastikan Kesiapan Infrastruktur Menjelang Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Istana Presien di IKN

Photo :
  • ikn.go.id

Di sisi lain, ia menuturkan pihak Pemprov Jakarta akan fasilitasi rangkaian upacara 17 Agustus mendatang. Sebab, upacara 17 Agustus akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di IKN dan Jakarta.

Jokowi Minta Maaf ke Rakyat, Elite PAN: Bukti Beliau Seorang Negarawan

"Pemprov DKI memfasilitasi kebutuhan kegiatan upacara di Jakarta dan banyak rangkaian nanti. Mulai tanggal 10 Agustus dan seterusnya Pemda akan memfasilitasi semua yang dibutuhkan pada acara 17 Agustus," jelas Heru.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara kemerdekaan RI digelar di dua lokasi, yaitu IKN kaltim dan Jakarta. Jokowi menyebut Indonesia saat ini masuk ke tahap transisi dalam rangka pemindahan Ibu Kota.

"Ini kan masa transisi, dari Jakarta menuju IKN Nusantara, sehingga ada perjalanan menuju pindahnya harus kelihatan. Jadi, di sini tetap dilakukan, di sana dilakukan," kata Jokowi di Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Juni 2024.

Jokowi menyampaikan upacara kemerdekaan akan digelar di satu lokasi saja yaitu saat IKN sudah ada Keputusan Presiden atau Keppres pemindahan Ibu Kota sudah keluar tahun depan. 

"Tahun depan kalau sudah ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN sana. Termasuk juga urusan mobilisasi transportasi akomodasi itu juga sudah," katanya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya