Ketahuan Mesum, Oknum Polisi di Aceh Dihukum 10 Kali Cambuk

ilustrasi hukum cambuk
Sumber :
  • VIVAnews/Dani Randi

AcehSeorang oknum perwira polisi yang bertugas di Polda Aceh berinisial IR (44) dieksekusi hukuman cambuk sebanyak 10 kali di halaman Masjid Al Munawarah Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada Kamis, 11 Juli 2024. Sebab, oknum perwira polisi itu kedapatan mesum.

Kapolres Biak Janji Tindak Tegas Oknum Polisi yang Pukul Warga Sipil

Ia dicambuk dengan teman kencannya yang berinisial Ai (31). Keduanya terbukti melakukan jarimah khalwat dan melanggar Pasal 23 Ayat (1) Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat.

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Besar, Maulijar membenarkan salah satu yang dicambuk tersebut merupakan oknum polisi karena kasus khalwat.

Ribuan Pasang Sendal Eiger Dimusnahkan Kejari Tangerang

“Ya benar (oknum anggota polisi berinisial IR dicambuk),” ujar Maulijar saat dikonfirmasi.

Ilustrasi: Terpidana pelanggaran syariat Islam menjalani hukum cambuk di Banda Aceh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa
Penampakan Harvey Moeis dan Helena Lim yang Segera Diseret ke Pengadilan

Hukuman itu sudah berdasarkan surat perintah pelaksanaan Putusan Mahkamah Syariah Jantho untuk melaksanakan eksekusi cambuk di depan umum, yaitu di Halaman Masjid Al Munawarah, Aceh Besar.

“IR dan AI terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan jarimah Khalwat melanggar Pasal 23 Ayat (1) Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, masing-masing dikenakan uqubat cambuk di depan umum sebanyak 10 kali cambuk,” katanya.

Sebelumnya, IR dan Ai tertangkap saat petugas melakukan razia khalwat di Kabupaten Aceh Besar pada Maret 2024 lalu. Keduanya diamankan dari Desa Lamting, Kecamatan Kuta Baro.

Pasangan ini sempat hendak dicambuk pada Jumat, 7 Juni 2024 lalu. Namun keduanya beralasan sakit, sehingga jaksa eksekutor dari Kejaksaan Negeri Aceh Besar menunda mengeksekusi keduanya. Akhirnya, eksekusi baru terlaksana pada Kamis, 11 Juli 2024.

Polisi datangi lokasi bentrokan. (Foto ilustrasi).

Detik-detik Mencekam Oknum Brimob Serang Markas Polres Tual Maluku gegara Razia Motor

Aksi oknum Brimob menyerang markas Polres Tual viral di media sosial. Warga dan jemaat gereja dibuat ketakutan imbas bentrokan antar aparat Polri itu.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2024