Jenderal hingga Pemred Ikut Lomba Tembak Kapolri Cup 2024

Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Lomba menembak Kapolri Cup 2024 dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-78 digelar. Ada ribuan peserta dalam berbagai kategori menembak ikut andil.

Pj Bupati Tangerang Lepas Atlet Menembak Kabupaten Tangerang Ke Ajang PON 2024

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, maksud dan tujuan dari perlombaan menembak itu juga sebagai bagian daripada penjaringan dan bekerja sama dengan Perbakin untuk pembinaan atlet menembak.

"Baik tentunya sebagai atlet dan sipil maupun juga dari internal kepolisian, serta melibatkan tiga angkatan, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata dia, Kamis, 11 Juli 2024.

Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Adapun kegiatan digelar selama sembilan hari sejak 6 sampai 14 Juli 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lomba menembak kategori sasaran atau target dibuka bagi peserta dari atlet Perbakin yang memiliki 19 jenis tembak sasaran atau target.

Bripka Joko Jadi Penggali Kubur Secara Sukarela, Irjen Sandi Sampaikan Pesan Kapolri

Mulai dari 50m pistol man individu dan tim, 10m air rifle men individu dan tim, 10m air rifle women individu dan tim, 10m air rifle men youth individu dan tim, 10m air rifle women youth individu dan tim, 25m pistol women individu dan tim, 25m rapid fire pistol individu dan tim, 10m air pistol men individu dan tim. 

Kemudian, ada juga dari 10m air pistol men youth individu dan tim, 10m air pistol women individu dan tim, 10m air pistol women youth individu dan tim, 50m r 3x20 men individu dan tim, 50m r 3x20 women individu dan tim, 10m running target men standard individu, 10m running target men-mixed individu, 10m running target women standard individu, 10m running target women mixed individu, 10m air pistol mixed team dan 10m air rifle mixed team.

Dia menjelaskan, kategori selanjutnya adalah tembak reaksi yang bisa diikuti peserta dari personel TNI/Polri dan anggota Perbakin yang terbagi menjadi dua bagian. Pertama IPSC (yang bersertifikat) dengan kategori open division, standard division, production division, production optic division, classic division, revolver division, PCC optic, PCC iron. Kedua non IPSC A(tidak bersertifikat) dengan kategori pistol kategori putra dan pistol kategori putri.

Sedangkan kategori lainnya adalah bidang tembak eksekutif atau duel plat yang diikuti oleh peserta dari TNI/Polri dan para pimpinan Kementerian/Lembaga serta media. Dimana bidang tembak ini dibagi menjadi 7 kategori, yaitu kategori VVIP (bintang 4 dan bintang 3) dan dan VVIP, kategori PJU Mabes Polri, Kapolda dan Wakapolda, kategori Jenderal (4 Angkatan), kategori Pemred dan media, kategori Pamen, kategori Pama dan Bintara atau Tamtama dan terakhir kategori Polwan. 

Mantan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya itu menyebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran pejabat lain bakal hadir di puncak acara pada Sabtu, 13 Juli 2024. 

"Peserta dalam kategori menembak ini, sudah sebanyak 1.095 peserta, yang terdiri dari kategori menembak sasaran sebanyak 582 peserta. Kemudian kategori tembak duel plat sebanyak 199 peserta, dan kategori tembak reaksi sebanyak 714 peserta. Nanti pada puncak acaranya sekira tanggal 13 atau hari Sabtu tentunya akan dihadiri dari beberapa kelas eksekutif dan bapak Kapolri juga akan ikut serta, berserta kementerian, lembaga, angkatan, tentu ini menjadi bagian dari ajang memeriahkan rangkaian HUT Bhayangkara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya