Basuki Pastikan Listrik dan Air Siap Sebelum Jokowi ‘Ngantor’ di IKN

[dok. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggu kesiapan infrastruktur untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebelumnya, Jokowi direncanakan berkantor pada bulan Juli 2024. 

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

"Airnya udah siap belum? Listriknya udah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," kata Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Jokowi menerima laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Menurutnya, infrastruktur seperti air, listrik, jaringan internet dan kantor belum siap.

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

"Sudah (dapat laporan), tapi belum (siap). Sudah, tapi belum," kata Jokowi.

Basuki memastikan bahwa air, listrik, dan jaringan internet di IKN akan siap sebelum Jokowi berkantor dan juga dapat digunakan untuk pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Jokowi Jelaskan Alasan Tunda Pemindahan ASN ke IKN

"Tadi saya cek semua. Air, listrik, internet sudah oke," kata Basuki dijumpai di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/07/2024).

Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) [Istimewa]

Photo :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Proses pengujian air bersih akan dimulai pada 15 Juli, dan Basuki akan mengecek langsung distribusi air pada 18 Juli. 

"Kan dari dulu saya bilang pertengahan Juli air akan masuk. (Sementara) listrik sudah masuk," kata Basuki.

Basuki baru saja mengadakan rapat terkait infrastruktur energi dan komunikasi untuk IKN. Menurutnya, pasokan listrik sebesar 10 megawatt telah tersedia, dan beberapa bangunan Kementerian Koordinator serta Hotel Nusantara dengan kapasitas 190 kamar akan siap digunakan pada bulan Agustus.

"Telkom dan PLN tadi melaporkan (pasokan listrik) 10 MW sudah oke. Yang sekarang sedang dibangun itu 40 MW yang selanjutnya," tutur Basuki.

Sementara itu, pembangunan tol menuju IKN terhenti di Pulau Balang karena masalah pembebasan lahan  dan pembangunan bandara dengan landasan sepanjang 2.200 meter diupayakan selesai sebelum 17 Agustus 2024. 

"Tol (Seksi) 6A, 6B baru bisa dibebaskan (lahan) sekarang ini. Sudah disosialisasikan ke warga, kami sudah boleh bekerja. Sekarang sedang bekerja, makanya (pembangunan tol) baru sampai Pulau Balang," ujarnya.

Diketahui pembangunan luar ruang di IKN akan dihentikan sementara mulai 10 Agustus 2024 untuk membersihkan jalan

"Tanggal 10 yang outdoor kita hentikan. Tapi interior itu mesti jalan terus. Yang kita stop lalu lalang di jalan," tutur dia.

Jika pasokan air dan listrik sudah siap, Jokowi diperkirakan bisa mulai berkantor di IKN setelah 22 Juli 2024. Namun, Basuki meminta wartawan menanyakan langsung kepada Jokowi mengenai tanggal pastinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya