Gunung Ibu Erupsi Mengembuskan Abu 400 Meter ke Udara Pagi Ini

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, erupsi
Sumber :
  • ANTARA/HO-PVMBG

Jakarta – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi dengan amplitudo (getaran) maksimum 10 milimeter (mm) yang berlangsung selama lebih kurang 1 menit 14 detik pada Kamis, 11 Juli 2024 pagi.

Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Diguyur Hujan Hari Ini

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 10 mm pada pukul 06.55 WIT," kata Hendra dalam keterangan di Jakarta dikutip dari Antara, Kamis, 11 Juli 2024.  

Pada erupsi tersebut, kata Hendra, Gunung Ibu mengembuskan abu lebih kurang 400 meter ke udara dari kawah aktif atau 1.725 meter di atas permukaan laut.

Atasi Kebutuhan Perumahan di Jakarta, Begini Konsep yang Akan Dikembangkan Ridwan Kamil

Arsip foto - Kolom abu vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Rabu, 15 Mei 2024.

Photo :
  • ANTARA

Petugas posko pemantau Gunung Ibu di Desa Tokuoko mengamati kolom abu berwarna kelabu hingga hitam, dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara dan timur laut.

Sempat Mangkir Karena Sakit, KPK Bakal Periksa David Gleen Terkait Kasus Abdul Gani Kasuba

Gunung Ibu merupakan gunung api berketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut. Secara administratif gunung tersebut masuk ke dalam wilayah Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Aktivitas vulkanik Gunung Ibu masih berada pada status level III atau Siaga.

Konferensi pers kasus pembunuhan siswi SMP di Mapolrestabes Palembang

Pelaku Utama Pembunuhan dan Pemerkosaan Siswi SMP di Palembang Sempat Ikut Yasinan

Polisi menangkap 4 pelaku pembunuhan dan pemerkosaan siswi SMP di Palembang. Mirisnya pelaku semuanya masih di bawah umur.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024