Golkar Usul Bupati Asahan Jadi Cawagub di Pilgub Sumut, Dampingi Bobby Nasution

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) menyerahkan surat dukungan kepada Bobby Nasution (tengah), didampingi oleh Sekar Tandjung (kanan) di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa dirinya telah mengajukan nama Bupati Asahan, Surya, sebagai calon Wakil Gubernur Sumatera Utara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara 2024.

Bahlil soal Jatah Menteri untuk Golkar: Tunggu Tanggal Mainnya

Surya dipercaya bisa mendampingi menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution. Hal ini diungkapkan Airlangga sebagai tanggapan atas usulan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mengajukan artis Nagita Slavina sebagai calon wakil Bobby.

"Golkar sudah usul Mas Surya, Bupati Asahan," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu 10 Juli 2024.

Kun Wardana Komentari Pernyataan RK soal Anggaran RT/RW Rp 200 Juta

Nagita Slavina dan Bobby Nasution

Photo :
  • Istimewa

Diketahui PKB telah mengusulkan nama Nagita Slavina sebagai Cawagub Sumut. Usulan ini disampaikan oleh PKB setelah mereka memberikan dukungan resmi kepada Bobby Nasution, pada tanggal 4 Juli 2024.

Kabar Prabowo Bertemu Megawati Sebelum 20 Oktober, Elite Golkar: Esensinya Saya Dukung

Golkar tidak secara langsung menolak usulan PKB, tetapi mereka telah mengumumkan dukungan mereka kepada pasangan gubernur lain. Salah satunya yaitu H. Surya, B.Sc, Bupati Asahan 2 periode yakni tahun 2019-2021 dan 2021-2024.

Sebelumnya, pada Rabu, 19 Juni 2024, Partai Golkar secara resmi menyatakan dukungannya kepada Bobby Nasution untuk maju dalam Pilkada Sumut 2024. Airlangga Hartarto kemudian menyerahkan secara resmi surat rekomendasi kepada Bobby.

"Sore ini saya menerima kunjungan dari Pak Bobby, Wali Kota Medan, yang pada kesempatan ini sudah dibahas bahwa Pak Bobby akan maju menjadi Gubernur Sumatera Utara dan telah mendapatkan dukungan dari beberapa partai, termasuk dari Partai Golkar. Untuk itu saya minta Pak Doli untuk menyerahkan surat dukungan Partai Golkar," ujar Airlangga di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat memberikan rekomendasi dukungan untuk Bobby Nasution maju di Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2024, Rabu, 19 Juni 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, kemudian memberikan surat dukungan tersebut kepada Bobby. Pertemuan itu juga turut dihadiri oleh Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajeksha atau Ijeck.

"Dukungan ini nanti terus masih satu nama, Pak calon gubernur. Nanti akan dilengkapi menjadi pasangan, tentu dengan pasangan yang dipilih oleh Pak Bobby. Dan Pak Bobby ini sudah didukung oleh lima partai ya Pak Bobby, termasuk dari KIM (Koalisi Indonesia Maju) yaitu Gerindra, PAN, Demokrat dan Golkar," lengkapnya.

Selain Bupati Asahan, Airlangga juga telah dulu menyodorkan nama kadernya, yakni Sekar Tandjung sebagai bakal calon wakil gubernur untuk mendampingi Bobby.

"Ini adalah Sekar Tandjung. Jadi ada hubungan dengan Sumut. Dan Partai Golkar punya beberapa kader muda yang nantinya bisa dipilih untuk dampingi Bobby," kata Airlangga di kediamannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya