Parfum Nilam Karya Anak Muda Aceh Siap Bersaing di Pasaran

AMANAH pasarkan parfum nilam karya anak muda Aceh
Sumber :
  • Istimewa

Banda Aceh- Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) melakukan tes pasar untuk produk parfum nilam yang diproduksi oleh anak-anak Nilam AMANAH. Kegiatan ini berlangsung di acara Bhayangkara Fest 2024, Taman Ratu Safiatuddin, Selasa, 9 Juli 2024.

Jurus Lippo Karawaci Dukung Pengembangan Bisnis Lokal Lewat Aryaduta Hotel

Minyak nilam merupakan bahan pengikat terbaik untuk produk parfum, dan Aceh merupakan produsen minyak nilam terbaik di dunia. Namun, sayangnya masyarakat belum mampu memanfaatkan minyak nilam tersebut secara optimal.

Sebagai bagian dari program ini, para peserta Creative Nilam telah berhasil menghasilkan 1000 sampel produk parfum yang akan didistribusikan selama acara Bhayangkara Fest. Tujuan dari uji pasar ini adalah untuk mengetahui apakah produk yang dihasilkan sudah siap untuk bersaing di pasar atau masih memerlukan penyempurnaan.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Diluncurkan Fokus Pembiayaan Ini

Acara uji pasar ini diharapkan dapat memberikan umpan balik yang berharga bagi para pelaku usaha muda Aceh dalam mengembangkan produk parfum Nilam mereka, serta membuka peluang baru untuk mengoptimalkan potensi industri minyak nilam di daerah ini.

AMANAH pasarkan parfum nilam karya anak muda Aceh

Photo :
  • Istimewa
Wajib Tahu! Ternyata, Aroma Parfum Bisa Ungkap Kepribadian Anda, Lho!

Salah satu anggota Nilam AMANAH, Alvieonnie Niken Marahaini (19), mengatakan bahwa sepertinya mereka sudah bisa bersaing di pasaran. Hal ini dilihat dari 1000 sampel parfum yang disiapkan oleh mereka sudah hampir habis. Tak hanya itu, banyak juga di antara para pengunjung yang sampai ingin membeli parfumnya.

“Sejauh ini, dari 4 hari kami meriset sepertinya masyarakat sudah mau menerima Nilam sebagai inti dari parfum kami. Sepertinya mereka sudah bisa menerima Nilam jadi bahan parfum,” ujar Niken.

Dari hasil uji 1000 sampel terhadap pengunjung pada event Bhayangkara Fest 2024 tersebut, para peserta Creative Nilam Training ini akan memproduksi massal parfum sesuai keinginan pasar.

Sementara itu, salah satu pengunjung di stand Nilam AMANAH, Amrina Yusra (23), mengatakan bahwa parfum-parfum yang dijajakan oleh anggota Nilam ini sudah bisa disaingi dengan brand lokal.

“Cocok sih ini, bisa disaingi dengan brand-brand lokal juga, karena wanginya juga khas, khas Aceh juga ada, jadi cocoklah,” kata Amrina.

Pendampingan yang dilakukan oleh AMANAH terhadap pemuda-pemudi Aceh di sektor UMKM ini diharapkan mampu melahirkan entrepreneur muda baru di Aceh dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

Tentang AMANAH

Pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) untuk memfasilitasi pengembangan segala potensi yang ada di Aceh, baik sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA). Hal itu dikelola untuk kemajuan Indonesia, khususnya rakyat Aceh. Gedung AMANAH ini pertama kali ada di Aceh. Dibangun di atas tanah seluas 5 hektare dengan bangunan seluas 1,9 hektare.

AMANAH tak hanya sekadar bangunan fisik, melainkan menjadi wadah bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Diharapkan dengan berbagai fasilitas dan program, AMANAH dapat menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi, pengembangan UMKM. hingga olaharaga. 

Adapun 9 fungsi AMANAH antara lain, yaitu pusat kreatifitas berbasis Aceh, pelatihan dan workhshop, inkubator UMKM, ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni, hingga kemitraan dan jaringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya