Puluhan Korban Tambang Longsor di Gorontalo Belum Ditemukan, Basarnas Kerahkan 'Pasukan Elite'

Ilustrasi - Personel regu Basarnas Spesial Grup
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) mengerahkan pasukan khusus atau regu elite Basarnas Spesial Grup (BSG) untuk memaksimalkan upaya pencarian korban bencana longsor pada areal tambang emas rakyat di Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

3 Pencopet Ditangkap di GBK Usai Beraksi dalam Kerumunan Jemaat Misa Akbar

"Tadi regu BSG sudah tiba di Gorontalo," kata Deputi Operasi Basarnas Brigadir Jenderal TNI Edy Prakoso di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2024.

Regu elit Basarnas Spesial Grup (BSG) merupakan personel terpilih melalui seleksi ketat. Setiap individunya memiliki kemampuan fisik dan mental prima serta berkeahlian khusus dalam bidang SAR gunung hutan, penyelaman laut, medis darurat, termasuk pengoperasian perangkat berteknologi canggih.

Paus Fransiskus Singgung Tambang Emas RI: Jangan Miskinkan Diri dengan Kekayaan Besar Ini

Sejumlah personel Polri membawa korban longsor di Desa Tulabolo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa, 9 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA

Sulitnya medan akses menuju lokasi bencana dan tantangan alam yang dihadapi tim gabungan di lapangan, kata dia, membuat operasi SAR ini membutuhkan keahlian khusus dan strategi rumit karena memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Modus Ajak Makan, Remaja Putri Diperkosa Sampai Pendarahan Hebat oleh Pria yang Baru Dikenal

Oleh karena itu pimpinan Basarnas menilai perlu dilakukan pengerahan regu BSG dengan harapan bencana longsor di areal tambang tersebut tidak berdampak makin luas hingga lebih banyak menimbulkan korban.

Selain itu Basarnas juga sudah mengerahkan personel tambahan dari Kantor SAR Manado ke lokasi bencana di Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Mereka menggenapi ratusan personel tim SAR gabungan yang sudah lebih dulu berada di lokasi, terdiri dari Kantor SAR Gorontalo, Korem, Kepolisian Daerah, Palang Merah Indonesia, Kelompok Pencinta Alam, serta grup relawan dan lainnya.

Pusat koordinasi operasi SAR Basarnas menerima laporan terjadi bencana tanah longsor di areal tambang rakyat di Desa Tulabolo Timur, Suwawa Timur, Bone Bolango, pada Sabtu, 6 Juli, dan ada jiwa yang terancam dan membutuhkan pertolongan.

Kepala Kantor SAR Gorontalo Heriyanto memberikan pengarahan kepada 206 petugas tim SAR gabungan untuk mencari para penambang emas yang hilang usai longsor Suwawa Timur, Bone Bolango, Gorontalo, Senin, 8 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA

Informasi awal yang diterima peristiwa tanah longsor terjadi pada tengah malam sekitar pukul 23.45 Wita. Saat itu sebagian korban sedang beristirahat dan tertidur pulas di beberapa perkemahan atau warung yang ada di lokasi tambang.

Data terkini dari petugas posko utama operasi SAR gabungan di Desa Tulabolo Timur, total jumlah korban sampai dengan Selasa siang bertambah menjadi 114 orang, dari sebelumnya sebanyak 104 orang dan 72 orang pada Senin.

Dari jumlah korban tersebut dilaporkan sudah sebanyak 17 orang ditemukan meninggal dunia, 52 orang selamat dengan luka ringan dan berat, kemudian korban hilang yang masih dalam pencarian sebanyak 45 orang.

Para korban meninggal dan luka-luka dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di Bone Bolango dan Gorontalo.
​​​​​​
Ia mengatakan cuaca menjadi salah satu faktor penentu kelancaran operasi SAR gabungan dan beruntung setidaknya hingga siang hari ini atau hari ketiga pasca-kejadian bencana cuaca dalam keadaan cerah dan berawan. Satu unit helikopter dari Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo turut disiagakan untuk menunjang kelancaran evakuasi korban. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya