KKB Serang Pesawat Smart Air di Sinak Papua, Bentrokan Senjata Pecah

Pesawat Smart Air PK-SNH
Sumber :
  • netairspace

Papua Tengah – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembaki pesawat Smart Air nomor registrasi PK-SNH saat hendak mendarat di lapangan terbang Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin 8 Juli 2024.

Besok Jokowi dan Iriana Akan Rayakan Hari Anak Nasional 2024 di Papua

Pesawat itu terbang dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Puncak, Papua Tengah dengan membawa lima orang penumpang, pesawat ditembak sekitar pukul 11.40 WIT.

Tembakan KKB yang mengenai baling-baling pesawat Smart Air

Photo :
  • Antara
4000 Pasukan TNI-Polri Dikerahkan Amankan Kunjungan Jokowi di Papua

Menurut Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno, beruntung aksi penembakan yang dilakukan oleh KKB itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan pesawat tetap mendarat serta menurunkan penumpangnya di Sinak," kata Bayu Suseno dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Senin malam, 8 Juli 2024.

Sulawesi hingga Papua Berpotensi Terdampak Siklon Tropis Gaemi, Menurut BMKG

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, tembakan KKB itu mengenai baling-baling pesawat namun pesawat tetap mendarat dengan aman. Begitupun dengan pesawat kedua dari maskapai NGA yang berangkat dari Timika mendarat di Sinak dalam keadaan aman.

Selain menembak ke arah pesawat, Bayu mengungkapkan KKB juga melakukan penembakan ke arah Pos Gudang Logistik Yonif 751/VJS, yang kemudian dibalas, sehingga terjadi kontak tembak.

“Usai melakukan penembakan, aparat gabungan langsung merespon dengan melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut,” ucap Bayu.

Kasatgas Humas Damai Cartenz itu pun belum bisa memastikan KKB dari pimpinan kelompok mana yang melakukan penembakan, baik ke pesawat maupun ke gudang logistik Yonif 751/VJS.

Satgas Damai Cartenz masih terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui pelaku penembakan itu KKB dari kelompok dan pimpinan siapa.

Setelah situasi kondusif, lanjut Bayu, pesawat Smart Air dan NGA yang sempat tertunda keberangkatannya, kembali terbang ke tujuan awal yakni Nabire dan Timika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya