Mahfud MD Ajak Umat Muslim RI Jadikan Tahun Baru Islam Momen Membangun Nasionalisme

Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Mantan Menkopolhukam RI Mahfud MD mengajak seluruh umat islam untuk menjadikan momen 1 Muharram 1446 Hijriyah sebagai bentuk kontemplasi menebalkan nasionalisme untuk lebih mencintai Tanah Air.

Menyelami Jejak Peradaban Islam: Mulai dari Masjid Al-Aqsa, Yordania Hingga Laut Mati

Hal itu disampaikan Mahfud MD ketika dirinya memberikan sebuah ceramah agama dalam puncak Gebyar Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Minggu 7 Juli 2024.

"Untuk umat Islam Indonesia, mari jadikan 1 Muharrom ini sebagai kontemplasi membangun nasionalisme, rasa cinta dan merawat serta membela Indonesia sebagai sebuah negara merdeka yang berketuhanan dan berkeadilan, melalui persatuan atas seluruh puak-puak dan suku-sukunya yang multikultural," kata Mahfud.

Menag Luncurkan Halal International Trust Organization di Jepang

Mahfud menggunakan makna peradaban dengan istilah masyarakat sipil yang di dunia barat sering disebut civil society atau dalam literatur Islam disebut masyarakat madani. Hal itu disampaikan dalam acara yang mengusung tema Nusantara Bertamaddun Menuju Indonesia Emas.

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3, Mahfud MD Rapat di Gedung High End, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Lily Jay Tanya ChatGPT Soal Agama, Dapat Jawaban Mengejutkan Tentang Islam

Mahfud yang memberikan ceramah usai sambutan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar, menerangkan umumnya masyarakat berkeadaban. Setidaknya, masyarakat itu memiliki keajegan pengelolaan dan keteraturan dalam tiga hal.

Mulai adanya sistem pemerintahan, adanya sistem perekonomian yang berkeadilan dan adanya pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Namun, Mahfud mengingatkan, bagi kaum Muslimin bicara peradaban Islam mudah memulainya.

"Yakni, mulai hijrahnya Nabi yang kemudian membentuk Negara Madinah atau Kota Madinah, berperadaban, sebagai pengganti Kota Yatsrib yang sebelumnya belum melakukan penataan terhadap peradabannya," ujar Menkopolhukam 2019-2024 itu.

Ia menilai, Madinah memenuhi syarat-syarat adanya negara menurut Montevedio Convention 1933 yaitu ada rakyat, wilayah dan pemerintahan. Bahkan, syarat-syarat itu sudah mampu dipenuhi sebelum dijadikan syarat resmi diakuinya sebuah negara.

Mahfud melihat, Negara Madinah yang sukmanya dibangun dari Piagam Madinah juga memenuhi ciri utama bangunnya peradaban. Pertama, Madinah sudah ada sistem pemerintahan dengan pemerintahannya dikendalikan langsung Nabi Muhammad SAW.

Kedua, sistem perekonomian yang bersendikan keadilan dan ketiga pemajuan iptek. Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 itu menerangkan, pemerintahan dari Negara Madinah sendiri sudah terangkum sangat jelas dalam Piagam Madinah.

"Dia kosmopolit, ada keadilan di antara manusia, tidak ada diskriminasi, toleransi atau yang dalam bahasa sekarang kita sering memakai istilah wasathiyah, dan semua itu dilakukan dalam rangka menjaga maqashid al syari'ah," kata Mahfud.

Madinah mengembangkan sistem ekonomi Islam dengan prinsip keadilan ekonomi antar manusia, saling menguntungkan, tidak boleh berpusat pada orang-orang kaya, ada pemerataan. Selain itu, tidak boleh ada pemerasan dan tidak boleh ada riba.

Untuk iptek, ia menekankan, memang wajib dilakukan orang yang beriman, orang yang berilmu karena orang yang rasikh ilmunya tentu imannya kuat. Karenanya, muncul orang-orang seperti Alfarahidi yang pertama kali membuat kamus yaitu Qamus Al'Ain.

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md dan istri

Photo :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Dalam bidang hukum lahir fiqh dan usul fiqh, lahir pula ilmu astronomi Umar Khyyam, bidang kedokteran ada Avicena dan Averroed, dalam bidang filsafat ada Alghozali dan matematika ada Alkawarizmi. Bahkan, ilmu-ilmu itu masih begitu berdampak hari ini.

Maka itu, Mahfud mengajak umat menggunakan momentum Tahun Baru Islam 1 Muharrom 1446 Hijriah sebagai kontemplasi membangun nasionalisme. Menurut Mahfud, itu akan menjadi modal yang penting mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Di sinilah kita membangun Indonesia dengan wawasan wasathiyah seperti difatwakan oleh para ulama dna ormas-ormas Islam yang besar seperti NU, Muhammadiyah, Nahdlatul Wathon, Al Washliyah, yang juga sudah bergabung dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI)," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya