Cuaca Minggu Ini: BMKG Prediksi Hujan Melanda Mayoritas Kota Besar

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia memperkirakan bahwa sebagian besar kota besar di Indonesia akan mengalami hujan pada Minggu (7/7/2024) ini. 

Keluarkan Peringatan Dini, BMKG Ungkap Daerah di Indonesia yang Bakal Diguyur Hujan Hari Ini

Hujan ringan dijadwalkan turun di beberapa wilayah seperti Medan, Padang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Palangkaraya, Banjarmasin, Mataram, Manokwari, dan Jayapura. Sementara itu, Yogyakarta, Kendari, Manado, dan Ambon kemungkinan akan mengalami hujan sedang. Hujan disertai petir diperkirakan akan terjadi di Gorontalo dan Mamuju pada siang hari ini.

Konferensi pers BMKG soal cuaca hujan

Photo :
  • VIVAnews/Eduward Ambarita
Hujan Diprakirakan Guyur Sebagian Besar Wilayah RI Hari Ini

Cuaca berawan diharapkan di Tanjung Pinang, Palembang, Bengkulu, Jambi, Semarang, Pontianak, Samarinda, Makassar, dan Ternate. Sementara itu, cuaca cerah berawan di Banda Aceh, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, dan Kupang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa meskipun sudah memasuki musim kemarau, potensi dampak bencana akibat hujan di beberapa wilayah Indonesia masih tinggi. 

BMKG Prakirakan Hujan Guyur Sebagian Besar Kota-kota Besar Hari Ini

"Potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia, yakni fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik dan La Nina juga semakin memperkuat potensi pembentukan awan penghujan itu," ujar Guswanto.

Lanjutnya, kombinasi dari fenomena-fenomena ini dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat, petir, dan angin kencang, seperti yang diprediksi oleh tim meteorologi BMKG. (ANTARA)

Cuaca cerah berawan pagi hari di Jakarta. (Foto ilustrasi)

Prakiraan Cuaca Hari Ini di Jakarta Jelang Perayaan HUT TNI

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca hari ini, Sabtu, 5 Oktober 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024