Jokowi Harap Pompanisasi di Sulsel Cegah Kekeringan

Jokowi Visited South Sulawesi to Inspect Water Pump Program in Bone
Sumber :
  • Setkab.go.id

Sulawesi SelatanPresiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Jumat, 5 Juli 2024. 

Jokowi Orders National Data Backup to Anticipate Cyberattack in the Future

Adapun, kunjungan itu meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan pompa untuk pengairan sawah dan pertanian, yang dikenal sebagai pompanisasi. Ia berharap pompanisasi ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

"Pompanisasi ini akan meningkatkan produktivitas. Petani tadi menyampaikan di sini hanya panen sekali, padahal tanahnya subur karena airnya enggak ada. Sehingga dengan pompa ini sudah nanam yang kedua. Nah, kita harapkan nanti bisa masuk penanaman yang ketiga,” kata Jokowi.

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

Jokowi Visited South Sulawesi to Inspect Water Pump Program in Bone

Photo :
  • Setkab.go.id

Kepala negara juga menjelaskan bahwa pompanisasi ini sebagai upaya antisipasi pemerintah terhadap kemungkinan kekeringan yang panjang di masa mendatang. 

Megawati ‘Sentil’ Jokowi: Jangan Bikin Versi Sendiri!

"Artinya dari 1 paling tidak minimal kedua, kalau bisa ketiga ini akan meningkatkan produktivitas beras kita secara nasional," ucapnya.

Pompanisasi tersebut juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan nasional di tengah tantangan perubahan iklim global. 

"Arahnya ke sana dan juga untuk mengantisipasi kekeringan panjang yang terjadi di semua negara," ujar dia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh, dan Pj. Bupati Bantaeng Andi Abubakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya