Irjen Karyoto Blak-blakan Alasan Berkas Firli Bahuri Belum Rampung

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto
Sumber :
  • dok Polri

​Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto mengungkap alasan kasus dugaan pemerasan oleh eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri belum juga rampung berkasnya.

Bacakan Pledoi, SYL: Saya Yakin Ada Cahaya Keadilan Lewat Putusan Hakim

Dia mengaku kalau kasus terhadap Firli tidak bisa dicicil. Hal itu setelah pihaknya koordinasi dengan pihak Kejaksaan. Maka dari itu, Karyoto menegaskan kalau kasus yang menjerat Firli tidak mandek.

"Kita sudah koordinasi dengan jaksa kembali bahwa kita tidak boleh mencicil perkara makanya agak lambat," kata dia, Jumat, 5 Juli 2024.

SYL: Saya Dihakimi Seolah Manusia Rakus dan Maruk

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.

Photo :
  • Viva.co.id/ Foe Peace Simbolon

Bukan cuma kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), kata Karyoto, kasus Filri lain yang ditangani pihaknya ada kasus soal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dan pelanggaran Pasal 36 Juncto Pasal 65 tentang KPK. Maka dari itu, pihaknya juga diminta menyelasikan berkas dua kasus lain ini oleh Kejaksaan.

Lewat Pledoi, SYL Singgung Kabar 'Hilang' di Eropa Usai Jadi Tersangka Korupsi

"Pada prinsipnya dalam asas hukum pidana kami tidak boleh mencicil perkara karena memang kemarin Pasal 36 agak belakang. Kita fokus kemarin di pasal pemerasan dan dugaan suap tapi karena kita sudah koordinasi dengan jaksa kembali bahwa kita tidak boleh mencicil perkara. Makanya, agak lambat kita akan tuntaskan dua-duanya sekaligus mohon waktu semuanya perlu koordinasi hal-hal yang belum dipenuhi segera dipenuhi, keterangan-keterangan apa yang dibutuhkan untuk pemenuhan pasal yang pertama maupun pasal yang kedua," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menegaskan pihaknya tetap mengusut kasus lain yang menyeret mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, selain kasus dugaan pemerasan kepada eks Menteri, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Padahal, penyidik belum bisa menahan Firli meski sudah jadi tersangka kasus tersebut.

"Kita telah sampaikan bahwa ada perkara lain yang saat ini kita sedang lakukan baik itu penyelidikan maupun penyidikan ya," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak pada Rabu, 3 Juli 2024.

Untuk diketahui, polisi merespons pernyataan pihak mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang minta penghentian kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Polda Metro Jaya selaku pihak yang menangani kasus menegaskan pihaknya bakal memproses kasus tersebut hingga tuntas. Hal itu diungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

"Profesional artinya prosedural dan tuntas,” ujar dia pada Senin, 1 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya