Sosok Mochammad Afifuddin, Anak Seorang Petani Jadi Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asy'ari

Mochammad Afifuddin Jadi Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk Mochammad Afifuddin sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU menggantikan Hasyim Asy'ari.

Bukan Cuma CAT, Hasyim Asy'ari Juga Pernah Dilaporkan Dugaan Asusila oleh Wanita Emas di 2022

Hasyim Asy'ari telah dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena terbukti melakukan pelanggaran asusila terhadap perempuan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda.

"Kami sudah melakukan rapat pleno terkait dengan langkah-langkah keorganisasian, salah satunya memutuskan pelaksanaan tugas dari ketua Komisi Pemilihan Umum," kata anggota KPU RI, August Mellaz dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2024.

Proses Coklit Pilkada 2024 Libatkan Bacalon, KPU Tangerang Dipanggil Bawaslu

Plt Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

"Hasil pleno sudah mengusulkan secara bulat kami bersepakat untuk memberikan mandat kepada Mochammad Afifudin untuk menjadi pelaksana tugas dari ketua Komisi Pemilihan Umum, melakukan tugas-tugas organisasi sampai dengan nanti dipilihnya ketua KPU secara definitif," lanjutnya.

Sosok CAT Korban Asusila Mantan Ketua KPU, Sederet Dosa Etik Hasyim Asy'ari

Afif dalam konferensi pers mengatakan, pasca rapat atau pertemuan pleno, ia memastikan seluruh hal dalam melakukan pengecekan-pengecekan, percepatan-percepatan untuk menyiapkan semua hal menghadapi beberapa tahapan yang ada di depan.

Profil Mochammad Afifuddin

Mochammad Afifuddin atau lebih akrab disapa Afif lahir di Sidoarjo, Jawa Timur pada 1 Februari 1980, Afif dibesarkan dalam lingkungan keluarga santri di Pejangkungan, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kedua orang Afif bukanlah dari kalangan atas, orangtuanya adalah seorang petani dan pedagang barang kelontong, Afif menjadi satutunya anak laki-laku dari empat bersaudara

Afif mengambil pendidikan tingginya di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan Ilmu Tafsir.

Saat masih menjadi mahasiswa, Afif merupakan seorang aktivis, ia dipercaya sebagai Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Ia juga pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2000-2001.

Seusai lulus dari S1 UIN tahun 2004, ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 Ilmu Politik FISIP UI dan lulus tahun 2007.

Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Sepak Terjang Mochammad Afifuddin

Afif memulai kariernya di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) UIN Jakarta dan pada 2009 ia ditunjuk sebagai Manajer Riset di Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPR) dan menjadi  menjadi Koordinator Nasional periode 2013-2015.

Aktivis dari PMII ini juga aktif dalam mengadvokasi para disabilitas untuk menyalurkan haknya dalam pemilihan umum lewat Program General Election for Disability Access (AGENDA)

Masih di JPR, pada tahun 2015 Afif dipercaya untuk menjadi Anggota Dewan Pengarah hingga akhirnya ia dipilih menjadi Anggota Bawaslu di tahun 2017.

Afif di Bawaslu membidangi Divisi  Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga yang bertugas untuk pencegahan  potensi pelanggaran pemilu dengan mengeluarkan Indeks Kerawanan Pemilu, pengawasan tahapan pemilu, sosialisasi kebijakan Bawaslu, serta mempererat hubungan antarlembaga.

Kemudian pada periode 2020-2022, Afif menjalankan tugas sebagai Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), ex officio perwakilan dari unsur Bawaslu RI.

Seusai di Bawaslu, Afif digeser sebagai Anggota KPU RI periode 2022-2027 selaku  Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan serta Wakil Ketua Divisi Data dan Informasi.

Ia bertanggung jawab sebagai Koordinator Wilayah KPU untuk provinsi: Papua, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, dan Banten.

Serta Wakil Koordinator Wilayah KPU untuk provinsi: Jawa Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Jambi dan Riau.

Hingga akhirnya pada 4 Juli 2024, ia ditunjuk untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU menggantikan Hasyim Asy'ari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya