40.000 Kuota CPNS di IKN, Warga Kalimantan Dapat Jatah 5 Persen

Ilustrasi Seleksi CPNS 2021.
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa akan ada pembukaan lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk tahun 2024 yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat tenaga kerja di wilayah ibu kota baru yang sedang dikembangkan di Kalimantan Timur.

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

Pada Juli 2024, pemerintah menyediakan kuota sebanyak 40.021 formasi CPNS dan PPPK yang akan dialokasikan untuk berbagai kementerian dan lembaga yang akan dipindahkan ke IKN. Langkah ini dilakukan guna mempercepat proses pemindahan instansi pemerintah ke IKN.

Tes CPNS di Mahkamah Konstitusi. (Ilustrasi)

Photo :
  • Instagram/@mahkamahkonstitusi
Raja Juli Optimis Basuki Bisa Selesaikan Pembangunan IKN untuk Upacara HUT ke-79 RI

Sementara itu, pemerintah memberikan kuota khusus untuk warga Kalimantan sebesar 5% dari total formasi CPNS yang ada. Hal ini berarti sekitar 2.000 formasi CPNS akan dialokasikan khusus bagi mereka.

"Intinya pemerintah pusat akan berikan afirmasi terhadap putra putri Kalimantan. Untuk tahap awal akan ada afirmasi 5 persen untuk putra-putri Kalimantan terbaik," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Hasil Rakernas KONI Pusat 2024: Terima KONI IKN dan Matangkan Persiapan PON

Menurut Anas, pemerintah ingin memastikan bahwa sebanyak 2.000 posisi CPNS di IKN akan diisi oleh talenta-talenta muda dari Kalimantan.

"Artinya ada 2.000 putra-putri Kalimantan terbaik di CPNS IKN. Berarti akan ada 2.000 putra-putri Kalimantan terbaik yang akan diberi ruang afirmasi untuk formasi CPNS fresh graduate di IKN," lanjutnya

Pembangunan IKN di Kaltim.

Photo :
  • Dok. Pemprov Kaltim

Kebijakan tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal dan memastikan partisipasi aktif mereka dalam pembangunan IKN serta dalam struktur pemerintahan yang baru. Oleh karena itu, dalam rapat rapat terbatas bersama Menpan RB dan sejumlah menteri lain pada Senin (1/7/2024), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Anas untuk menyusun aturan yang lengkap tentang pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN.

"Kemenpan RB diminta untuk buat regulasi yang rigid dan detil terkait dengan pemindahan (ASN ke) IKN yang akan dilakukan dalam waktu dekat," lengkap Anas.

Dalam waktu dekat, Otorita IKN akan mengumumkan lowongan CPNS ini yang mencakup 40.021 formasi CPNS dan PPPK, termasuk 5% afirmasi untuk warga Kalimantan. Pendaftaran akan dilakukan secara online melalui portal SSCASN di laman resmi sscasn.bkn.go.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya