Wapres Maruf Minta Pengawasan PPDB Diperketat demi Cegah Kecurangan

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • Kementan

Surabaya - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin meminta agar pengawasan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diperketat. Sebab, kata dia, dugaan kecurangan dalam pelaksanaan PPDB di sejumlah daerah disinyalir terus berulang.

Kemenag Optimis Pengosongan 278 Bidang Lahan UIII Depok Selesai Besok

Diketahui, Pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) PPDB yang melibatkan unsur kejaksaan hingga kepolisian untuk menanggulangi kecurangan yang terjadi terkait PPDB.

“Supaya pengawasannya lebih ketat, jadi lebih fokus untuk mengamati [proses PPDB] dan supaya membuat pihak yang akan melakukan [kecurangan tidak berani] karena sudah ada Satgasnya,” kata Ma’ruf di Surabaya, Jawa Timur pada Kamis, 4 Juli 2024.

Hadi Tjahjanto Serahkan Aset Eks BLBI ke 9 K/L, Nilainya Capai Rp 2,77 Triliun

Indonesian Vice President Maruf Amin

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Dengan dibentuknya satgas ini, kata dia, diharapkan proses PPDB ke depan dapat lebih tertib dilaksanakan dan kecurangan dapat ditiadakan. “Berpikir berpuluh kali lah untuk melakukan itu, karena sudah ada lembaga yang mengawasi dan memata-matai langsung sehingga nanti bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Kejagung Periksa Mantan Komisaris PT Antam sebagai Saksi Kasus Dugaan Korupsi 109 Ton Emas

Ma'ruf menilai pembentukan Satgas merupakan langkah tepat untuk mencegah kecurangan. Agar, kata dia, pengawasan terhadap proses yang berlangsung setiap tahun ini dapat berkelanjutan dan memberikan efek jera bagi pihak yang terlibat.

“Soal Satgas PPDB, kalau memang dengan mengawasinya tidak juga berhasil, masih saja terjadi [kecurangan], saya kira tidak salah jadi (pembentukan) Satgas itu ya,” pungkasnya.

Satgas BLBI sita aset PT Timor milik Tommy Soeharto.

Masa Tugas BLBI Bakal Diperpanjang, Menko Hadi Tegaskan Masih Banyak PR

Masa tugas Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) akan berakhir setelah 31 Desember 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024