Gelombang Kedua, Ada 8.793 Jemaah Haji Kembali ke Tanah Air

Update Terkini Pemulangan Jemaah Haji dan Upaya Pencegahan Penyakit
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Proses pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dimulai pada Kamis, 4 Juli 2024. Sebab, fase pemulangan jemaah gelombang pertama sudah selesai pada Rabu, 3 Juli 2024.

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

Kepala Daerah Kerja Madinah, Ali Machzumi menjelaskan pemberangkatan pertama dari hotel di Madinah adalah jemaah haji kloter 10 Embarkasi Palembang (PLM 10). Menurut dia, ada 22 kelompok terbang (kloter) pada hari pertama fase pemulangan dari Madinah.

"PLM 10 pulang paling awal pada fase pemulangan gelombang II. Pesawat dijadwalkan take off pukul 04.20 WAS dari Bandara AMAA Madinah, diikuti jamaah haji kloter 9 Embarkasi Bandarmasin (BDJ 09) yang dijadwalkan terbang pukul 05.30 WAS," kata Ali dilansir Antara.

17.416 Orang Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Telah Tiba di Tanah Air

Jemaah calon haji ketika akan naik pesawat Garuda Indonesia di Bandara Adi Soemarmo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Kata Ali, totalnya ada 8.793 orang yang akan mengawali fase pemulangan menggunakan dua maskapai yakni Saudi Airlines dan Garuda Indonesia. Untuk itu, ia mengimbau para jemaah haji supaya mematuhi aturan penerbangan yang diberlakukan maskapai sehingga tidak ada masalah saat proses pulang ke Tanah Air.

Alasan DPR Didesak Buat Pansus Penyelenggaraan Haji

"Sekali lagi, kami minta kepada jamaah agar mematuhi aturan soal berat koper maksimal 32 kg dan tidak memasukkan air zamzam ke dalam koper," ujarnya.

Sebelumnya, jemaah haji gelombang kedua berangkat dari Tanah Air dan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, lalu menuju Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Adapun, jemaah haji gelombang pertama berangkat dari Tanah Air ke Madinah terlebih dahulu. Setelah itu, mereka diberangkatkan ke Makkah untuk menjalani puncak haji, dan pulang melalui Jeddah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya