380 Suara PDIP di Pemilu 2024 DPR RI Dapil Banten II Berkurang Usai Penyandingan Data

Proses penyandingan data C Hasil dan D hasil oleh KPU Kabupaten Serang Banten
Sumber :
  • ANTARA/Desi Purnama Sari

Banten – Setelah gugatan Partai Demokrat terkait penggelembungan suara dikabulkan MK, untuk DPR RI Dapil Banten II dilakukan penyandingan data. Hasilnya, membuat 380 suara PDIP di Pileg 2024 untuk dapil tersebut, berkurang.

Megawati ‘Sentil’ Jokowi: Jangan Bikin Versi Sendiri!

Suara PDIP dalam pemilihan umum DPR RI Dapil Banten II berkurang 380 pasca penyandingan data oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Banten, Rabu.
 
Ketua KPU Kabupaten Serang, Nasehudin, di Serang, Banten mengatakan rapat pleno penyandingan data C Hasil dan D Hasil dilakukan sesuai amanat putusan Mahkamah Konstitusi  (MK) Nomor 183-01-14-16/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024. 
 
"Sebanyak 46 TPS dari 11 Desa di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang dilakukan penyandingan ulang untuk suara DPR RI Dapil Banten II Partai PDIP," katanya, dikutip dari Antara
 
Dari hasil penyandingan sebanyak 380 suara PDIP berkurang, setelah dikoreksi di rapat pleno penyandingan data KPU Kabupaten Serang.
 
"Dari hasil penyandingan sebanyak 380 suara PDIP berkurang. Hasil penyandingan data tersebut nantinya akan dibacakan ulang di tingkat Kabupaten pada tanggal 8 Juli 2024," katanya.
 
MK mengabulkan sebagian gugatan Partai Demokrat terkait penggelembungan suara PDIP dalam pemilihan DPR RI Dapil Banten II. MK meminta KPU untuk melakukan penyandingan ulang suara antara C Hasil TPS dan D Hasil Kecamatan di 120 TPS dapil Banten II. 
 
Dalam gugatannya, Partai Demokrat mendalilkan adanya penggelembungan suara PDIP sebesar 1.774 di 134 TPS yang tersebar di Kecamatan Walantaka, Kota Serang serta Kecamatan Taktakan dan Baros, Kabupaten Serang. Demokrat menilai seharusnya suara mereka 350 lebih banyak dari PDIP. (Ant)

Soroti UKT Naik, Megawati: Kalau untuk Sekolah Gak Ada Duitnya, Saya Kurangi Bansos
Dok. Humas PDIP

Megawati Lantik Ganip Warsito hingga Andi Widjayanto jadi Kepala Badan di PDIP

Megawati juga perpanjang masa jabatan kepengurusan DPP PDIP periode 2019-2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024