Alami Masalah Teknis, Pesawat Garuda Penjemput Haji Kembali Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

Jemaah calon haji ketika akan naik pesawat Garuda Indonesia di Bandara Adi Soemarmo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Boyolali – Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6239 yang terbang dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali dengan tujuan Jeddah, Arab Saudi mengalami masalah teknis. Alhasil pesawat yang sudah terbang tersebut kembali mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada Selasa, 2 Juli 2024, malam.

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin membenarkan adanya insiden pesawat Garuda Indonesia yang mengalami masalah teknis. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 6239 itu berangkat dari Bandara Adi Soemarmo pada Selasa sekitar pukul 19.45 WIB tetapi tetapi setelah terbang satu jam lebih memutuskan untuk kembali mendarat di bandara keberangkatan.

Jemaah haji menggunakan maskapai Garuda indonesia

Photo :
  • ANTARA
17.416 Orang Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Telah Tiba di Tanah Air

“Pesawat berangkat dari SOC ke Jeddah pada pukul 19.45 WIB, mengalami RTB (return to base) ke SOC dan kembali mendarat pukul 21.06,” tulis dia melalui layanan pesan instan WhatsApp pada Rabu, 3 Juli 2024.

Menurut Erick, pesawat yang kembali mendarat di Bandara Adi Soemarmo itu dalam kondisi kosong setelah mengantar kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci menuju Debarkasi Solo. “Pesawat itu sebelumnya mengatar kepulangan jemaah haji kloter 34 asal Kabupaten Pekalongan dan Kota Tegal,” sebutnya.

Alasan DPR Didesak Buat Pansus Penyelenggaraan Haji

Adanya insiden tersebut, pihak Bandara Adi Soemarmo menyiagakan seluruh fasilitas bandara dan emergency operation centre. “Seluruh fasilitas Bandara SOC dan emergency operation centre disiagakan. Posisi saat ini pesawat sudah mendarat dengan selamat. 14 crew dan pesawat dalam keadaan aman. Saat ini sedang dalam penanganan,” ucapnya.

Suasana perjalanan penerbangan jemaah haji Indonesia

Pemulangan Haji 2024, Jemaah Haji Banten dan Semarang Diantar ke Asrama Haji Debarkasi Baru

Kemenag mulai 2 tahun ini mengaktifkan 2 asrama haji debarkasi baru bagi kepulangan jemaah haji Indonesia, yakni Debarkasi Manyaran di Jawa Tengah dan Cipondoh di Banten.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024