Peminat Capim dan Dewas KPK Sepi, Juru Bicara: Tunggu Saja, Masih Banyak Waktu

Jubir KPK Tessa Mahardhika Sugiarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardhika Sugiarto buka suara soal sepinya pendaftar calon pimpinan (Capim) dan Dewqn Pengawas (Dewas) KPK. Ia meminta untuk menunggu saja para pendaftar untuk mencalonkan diri.

KPK Beberkan Alasan Belum Kembalikan Catatan Pribadi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Kabarnya, pendaftar capim dan Dewas KPK saat ini baru ada 26 orang. Masing-masing yakni capim KPK 10 orang dan 16 orang pendaftar calon Dewas KPK.

Tessa menjelaskan bahwa masih ada para capim dan Dewas KPK yang berintegritas tengah menyiapkan langkah untuk mencalonkan diri untuk menjadi pimpinan lembaga antirasuah

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi LNG

Juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Saya pikir masih banyak waktu dan saya memiliki keyakinan para calon-calon yang memiliki integritas dan mau mendaftar ini sedang menyiapkan semua hal untuk mereka bisa mendaftar sebelum tenggat waktu tersebut berakhir, jadi kita sama-sama tunggu aja," ujar Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Selasa 2 Juli 2024.

Alex Marwata Bilang Ada Loyalitas Ganda di KPK, ICW Singgung Wibawa Pimpinan dan Rekrutmen

Pasalnya, kata Tessa, batas akhir pendaftaran masih tersedia hingga 15 Juli 2024 mendatang. 

"Sebagaimana yang teman-teman ketahui tanggal batas penerimaan dokumen kan masih sampai dengan tanggal 15 Juli," kata Tessa.

Tetapi, juru bicara berlatar belakang pensiunan Polri itu menyebutkan, masih belum mendapatkan informasi internal KPK mendaftarkan diri menjadi capim dan Dewas KPK.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 Yusuf Ateh mengatakan pihaknya bakal melakukan evaluasi. Sebab, sejauh ini, jumlah pendaftar masih minim, yakni hanya 26 orang.

"Tanggal 8 (Juli 2024) akan kami evaluasi. Maksudnya dilihat laporannya," kata Ateh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 1 Juli 2024.

Mengenai hal apa yang akan dievaluasi, Ateh menyatakan akan melihat dulu seperti apa hasil laporan pendaftarannya nanti.

Ateh membantah anggapan bahwa pendaftaran capim dan calon Dewas KPK saat ini dikatakan sepi peminat. Menurut dia, saat ini baru masa awal pendaftaran sehingga calon pendaftar masih banyak yang melakukan registrasi akun secara online terlebih dulu.

Selain itu, Ateh menduga para calon pendaftar masih harus menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk dikumpulkan saat mendaftarkan diri sebagai capim maupun calon Dewas KPK.

"Kan baru mulai. [calon pendaftar] sudah buat akun kok. Kan [perlu mempersiapkan] dokumen. Nanti [mendaftar dan melampirkan] dokumen. Kan perlu waktu itu. Biasalah. Pokoknya tunggu saja. Tunggu saja. Percayalah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya