Bupati Indramayu Nina Agustina Beri Bantuan Benih Padi ke 500 Petani

Bupati Indramayu Nina Agustina beri bantuan 500 benih padi
Sumber :
  • Istimewa

IndramayuBupati Indramayu, Bupati Nina Agustina berkunjung ke Kecamatan Losarang, Selasa, 2 Juli 2024. Tujuan dari kunjungan tersebut untuk menyerahkan benih padi untuk 500 petani se-Kecamatan Losarang dalam rangka percepatan tanam MT. II Tahun 2024.

Akomodasi Putusan MA, PKPU Pilkada Atur Cagub-Cawagub Usia 30 Tahun saat Dilantik

Dalam sambutannya, Calon Bupati Indramayu itu mengatakan bahwa penyerahan bantuan benih yang dilakukannya merupakan sebagai wujud usaha dirinya beserta pemerintah setempat, untuk selalu mendukung kemajuan petani di Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina beri bantuan 500 benih padi

Photo :
  • Istimewa
Plt. Sekjen Kemendagri Atensi Ketersediaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi ke Petani

"Kegiatan penyerahan benih padi pada hari ini pun merupakan satu perwujudan hadirnya pemerintah di tengah para petani, khususnya para petani di Kecamatan Losarang, dalam rangka percepatan masa tabam 2 atau gaduh," katanya.

Selain itu, Nina juga menyampaikan bahwa Kabupaten Indramayu merupakan daerah agraris dengan area pertanian yang begitu luas, yang mana hasil produksi pertanian Indramayu, khususnya Padi menjadi yang terbesar se-Indonesia.

Mogok di Perlintasan, Mobil Damkar Remuk Tertabrak Kereta Api

"Dengan kata lain, hasil produksi padi Kabupaten Indonesia akan berpengaruh terhadap ketersediaan pangan nasional," ujarnya.

Nina juga memaparkan pada tahun 2021 hingga 2023, Kabupaten Indramayu mendapat peringkat pertama nasional sebagai produsen padi tertinggi yaitu sebesar 1,76 juta ton gabah kering panen setara 1,45 juta ton gabah kering giling untuk tahun 2021. Pada 2022 sebesar 1,79 juta ton gabah kering panen setara dengan 1,49 juta ton gabah kering giling.

Kemudian pada 2023, kata Nina, produksi padi masih tetap tertinggi tingkat nasional meskipun ada badai el-nino. Hasil produksinya menurun menjadi 1,67 juta ton gabah kering panen atau 1,37 ton gabah kering giling.

"Capaian produksi padi Indramayu ini tentunya tidak terlepas dari semangat dan usaha para petani. Maka dari itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani Indramayu atas kerja kerasnya. Dan semoga ke depannya hasil produksi meningkat, dibarengi peningkatan kesejahteraan bagi petaninya," katanya.

Pada kesempatan tersebut bantuan yang diberikan berupa benih padi varietas inpari 32 dan Ciherang kepada 500 petani, yang totalnya mencapai 5 ton. Selain itu, sebelumnya bantuan pemerintah yang sudah diberikan kepada petani atau kelompok tani di Kecamatan Losarang tidak hanya benih padi, tapi juga bantuan lainnya, pada periode 2023-2024.

Selain bantuan benih tersebut, dalam kesempatan yang sama, Nina juga membagikan sepatu untuk anak-anak yang membutuhkan. Pembagian sepatu tersebut merupakan bagian dari program 1.000 sepatu, yang dicetuskan olehnya beberapa waktu lalu.

"Semoga sepatu-sepatu ini dapat memberikan kebahagiaan dan semangat kepada anak-anak kita dalam proses belajar di sekolah," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya