Minta Korps Bhayangkara Jaga Sikap, Jokowi: Rakyat Lihat Seluruh Gerak-gerik Polri

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Polri yang terus bekerja tanpa libur di setiap wilayah. Menurutnya, Polri memiliki peran yang sangat sentral di tengah masyarakat.

HUT Bhayangkara ke-78, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Minta Maaf

"Polri tidak ada liburnya, Polri ada dimana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan bagi Polri," kata Jokowi di acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Juli 2024.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Jokowi: Polri Harus Profesional, Tidak Tebang Pilih Dalam Penegakan Hukum

Meski demikian, Jokowi mengingatkan Polri untuk menjaga sikap. Sebab, kata dia masyarakat selalu melihat gerak-gerik dan tindak-tanduk yang dilakukan Polri.

"Tapi di sisi lain, artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri," ungkapnya.

HUT Bhayangkara ke-78, Komjen Wahyu: Visi Polri Presisi Harus Dijalankan

Lebih lanjut, Jokowi pun mengaku senang karena citra Polri semakin membaik berdasarkan hasil survei beberapa lembaga. Dia meminta Polri untuk terus mempertahankan capaian tersebut.

"Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan, dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik, dengan menjadi contoh, dengan menjadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat," tutur Jokowi.

"Karena tantangan ke depan tidaklah semakin mudah baik dari sisi geopolitik, dari sisi ekonomi, teknologi, iklim semuanya semakin rumit dan penuh dengan ketidakpastian," pungkasnya.

Sejumlah tokoh dan pejabat turut hadir dalam acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 ini. Mereka di antaranya, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla, istri mendiang presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah, putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh yang akrab disapa Yenny Wahid.

Kemudian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Juli 2024 (sumber: tangkapan layar YouTube Divisi Humas Polri)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Turut hadir, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya