Bravo TNI! Satgas Yonif 111/KB Selamatkan Warga Papua Selatan yang Terseret Arus Banjir

Aksi TNI Dari Satgas Yonif 111/KB Selamatkan Warga Yang Terseret Arus Banjir
Sumber :
  • Puspen TNI

Papua Selatan – Anggota TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB yang bertugas di Sektor Kolakops Korem 174/Anim Ti Waninggap berhasil selamatkan warga yang terbawa arus banjir di di Jalan Trans Papua Perbatasan Papua Selatan, Minggu 30 Juni 2024.

Badai dan Hujan Lebat di Swiss Sebabkan Longsor, 7 Orang Tewas

Kedua korban yang terseret arus banjir tersebut adalah Ujang (24) dan Johan Darson (27), keduanya merupakan warga Kampung Muting, Distrik Ulilin, Kab. Boven Digoel, Propinsi Papua Selatan, mereka terseret arus saat akan melintas di jalan Trans Papua Perbatasan Papua Selatan.

"Kejadian bermula pada saat anggota Pos yang sedang berjaga mendengar teriakan masyarakat minta tolong, selanjutnya dengan cepat mengecek ke lokasi kejadian yang berjarak 75 meter dari Pos," kata Serma Kamiluddin Syaputra selaku Danpos Kalisunu dilansir dari keterangan resminya.

Peringati HUT ke-78 Bhayangkara, Pesan Panglima TNI untuk Polri

"Karena sebelumnya sudah diketahui ada jalan yang tergenang air akibat hujan deras di ruas jalan Trans Papua Km 88 tidak jauh dari Pos Pengamanan Perbatasan Yonif 111/KB," lanjutnya.

Anggota TNI membantu evakuasi kedua korban yang terserat arus air kencang beserta kendaran yang dikendarainya, SatgasYonig 111/KB membantu dengan menggunakan tali sehingga korban dapat diselamatkan.

Pasca Operasi Cidera Kaki, Prabowo Tak Sabar Mau Kembali Kerja

Ia menjelaskan, kondisi di sekitar lokasi kejadian di jalan pada saat itu sepi tidak ada perumahan dan hanya ada Pos TNI.

"Kedua korban sempat ditangani oleh Tim Kesehatan Satgas Yonif 111/KB dengan mengeluarkan air dan bantuan pernafasan, selanjutnya korban dievakuasi ke Pukesmas Muting untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan," ucapnya.

Dansatgas Letkol Inf.Agus Satrio Wibowo, mengucapkan, "Terimakasih kepada anggota Pos Kalisunu yang telah berhasil menyelamatkan masyarakat dari arus banjir.

"Ini merupakan salah satu wujud pengabdian TNI kepada Bangsa dan Negara, tetap waspada dan ingatkan masyarakat untuk hati hati saat melintas, berikan pertolongan apabila ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan dari kita, tetap semangat selalu berdoa dan waspada selama melaksanakan tugas," tutup Dansatgas, Letkol Inf.Agus Satrio Wibowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya