PDIP Siapkan Tiga Menteri Jokowi untuk Pilkada Jakarta 2024

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa partainya telah mempersiapkan tiga kader yang saat ini menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta tahun 2024. 

Warga Halmahera Tolak Anak Koruptor Maju Jadi Bupati di Pilkada 2024

Menurut Hasto, ketiga nama tersebut sudah masuk dalam bursa calon pemimpin Jakarta. Partai politik yang telah berdiri selama 51 itu mengaku akan berkomitmen untuk mendorong dan memberikan kesempatan kepada kader-kadernya dalam kontestasi politik, sebagai bagian dari upaya kaderisasi yang dilakukan secara sistemik dan terstruktur.

"Proses kaderisasi telah dilakukan, sejak awal kita telah meng-gromming kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah," kata Hasto pada Minggu. (30/6/24) dilansir dari Antara.

PDIP Berpeluang Bareng Gerindra-PKB di Pilkada 2024, Tapi Cagub Jateng Harus Kader Banteng

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kampanye di Bandar Lampung

Photo :
  • tvOne/Pujiansyah

Hasto menyebutkan tiga nama menteri tersebut, yaitu Pramono Anung yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Kabinet, Basuki Hadimuljono yang kini menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Abdullah Azwar Anas yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Refly Harun: Anies kan Barang Bagus, untuk Level DKI Jakarta Saingannya Gak Ada

Menurut Hasto, pengajuan nama-nama kader internal dalam kontestasi Pilkada Serentak merupakan langkah yang perlu dilakukan oleh PDIP sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensi partai dalam konstelasi politik di Indonesia.

Selain itu, ia menambahkan bahwa PDIP terbuka melakukan komunikasi dengan partai politik lain, namun kerja sama dengan pihak eksternal akan dilakukan setelah pihaknya melihat pemetaan politik di daerah tersebut.

"Meskipun demikian, kerja sama dengan partai politik lain dilakukan dengan melihat aspek-aspek peta politik yang khas di daerah," kata Hasto.

Selain ketiga nama menteri tersebut, Hasto juga menyebutkan bahwa ada kader PDIP lainnya yang disiapkan untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta, yaitu mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Ketua DPP PDIP yang juga merupakan Anggota DPR RI, Eriko Sotarduga.

Hasto menegaskan bahwa PDIP tidak kekurangan stok kader yang siap untuk dicalonkan dalam berbagai kontestasi politik. Ia optimis bahwa konsep pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya dapat berjalan efektif apabila kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi oleh kader PDIP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya