2.959 Personel Dikerahkan untuk Amankan Pesta Rakyat HUT Bhayangkara di Monas Hari ini

ejumlah anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri)
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta –  Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengerahkan sebanyak 2.959 personel gabungan untuk mengamankan Pesta Rakyat dalam perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang diselenggarakan di Monas, Jakarta hari ini, Senin 1 Juli 2024,

HUT Bhayangkara ke-78, Ini Sejarah Polri Dimulai dari Zaman Kerajaan dan Asal Mula Nama Bhayangkara

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, ia menjelaskan personel gabungan itu terdiri diri Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait yang nantinya ditempatkan di sejumlah titik di Monas.

"Untuk pengamanan selama Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas besok ada 2.959 personel gabungan," kata Susatyo dikutip ANTARA.

HUT Bhayangkara, Jaksa Agung: Sinergi Penegakan Hukum dengan Polri Ciptakan Stabilitas Ekonomi

Personel dikerahkan dalam upaya pengamanan dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, ia mengimbau bagi para pengunjung Pesta Rakyat Hari Bhayangkara ke-78 agar tertib dan selalu waspada terhadap tindak kejahatan seperti copet dan penipuan.

Kaki Tangan Warga Tiongkok Pelaku Penipuan Scam Online 800 WNI Ditangkap, Digaji 15 Juta per Bulan

Begitupun dengan personelnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat itu juga  mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak membawa senjata api dan melayani masyarakat yang ikut memeriahkan dengan baik dan humanis.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitaran Monas, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional saat kegiatan Pesta Rakyat Hari Bhayangkara ke-78.

Masyarakat diimbau menghindari jalan sekitar Monas agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas mulai pukul 09.00 WIB-24.09 WIB. Acara tersebut diprediksi akan dihadiri kurang lebih 182 ribu orang.

Hari Bhayangkara nantinya akan bertabur artis papan atas seperti Ari Lasso, Gigi, Isyana Sarasvati, RAN, Endah N Rhesa dan goyang bersama dengan NDX AKA.

Menariknya lagi, selain gratis menonton artis-artis ternama, Polri juga telah menyiapkan booth makanan dan minuman secara gratis dari 150 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Mari datang ke acara Pesta Rakyat dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara di Lapangan Monas pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Acara ini gratis, makanan dan minuman yang disediakan oleh 150 UMKM juga gratis,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan resminya.

Trunoyudo mengatakan sebelum acara hiburan pesta rakyat, akan ada rangkaian acara formal seperti upacara dan parade defile dan pertunjukan marching band Akademi Kepolisian serta terjun payung untuk memperingati HUT ke-78 Bhayangkara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya