Ribuan Petani Kumpul di Semarang Minta Sudaryono Maju Pilgub Jateng

Kongres Tani I Indonesia di Semarang, Jawa Tengah
Sumber :
  • Ist

VIVA – Ribuan petani yang tergabung Tani Merdeka berkumpul menggelar Kongres I di Hotel Setos Semarang. Dalam kongres para koordinator petani dari seluruh Indonesia bersepakat meminta Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jateng. 

Survei LSI di Pilgub Jateng: Ahmad Luthfi 5,2 Persen dan Kaesang Pangarep 2,5 Persen

"Kami Tani Merdeka Indonesia, mendukung, memenangkan dan bergerak untuk Bapak Sudaryono untuk maju dalam Pilgub Jateng. Kami ikrar akan total memenangkan Mas Dar," demikian pernyataan sikap para petani. 

Menurut Ketua Umum DPP Tani Merdeka, Don Muzakir, dukungan yang diberikan petani lantaran sosok Sudaryono sejak lama sudah memiliki komitmen memajukan kesejahteraan petani. 

Satgas Kerahkan 24.036 Personel untuk Pengamanan Pilkada Serentak Bali

Don Muzakir mengatakan, seluruh DPC Tani Merdeka membulatkan suara dengan mengusulkan Sudaryono sebagai Gubernur Jateng. "Kami sudah mendatangi tiap Karisidenan Tani Merdeka. Mereka sepakat, mengusung Mas Dar sebagai Gubernur Jateng," terang Don

"Komitmen beliau, Mas Dar terhadap petani sudah tidak diragukan lagi. Beliau juga lahir dari anak petani. Jiwa dan semangat kami untuk petani sama. Frekuensi kami untuk masa depan kami sama. Insya Allah amanah kepada Mas Dar akan selalu disambut baik para petani khususnya di Jawa Tengah," ujar Don Muzakir. 

Hasto Pastikan PDIP Tak Khawatir Cawe-cawe Jokowi di Pilkada 2024

Don Muzakir menjelaskan, Tani Merdeka merupakan organisasi relawan yang mewadahi para petani. Dia menjelaskan, organisasi tersebut dibentuk atas usul Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki perhatian besar terhadap para petani, terutama mereka yang kesulitan mendapatkan pupuk.

Dalam kongres, Sudaryono terpilih sebagai Ketua Umum Tani Merdeka Indonesia. Ia mengaku akan terus berjuang untuk kesejahteraan petani. Berbagai program akan dijalankan dan selaras dengan program pemerintahan Prabowo-Gibran. "Ketahanan pangan akan dijalankan. Kita ingin semua petani bisa lebih sejahtera bersama," kata Sudaryono.

Sudaryono yang juga Cagub Jateng ini menilai  pertanian jika digarap serius bisa menjanjikan dan menjadi sektor dalam mewujudkan ketahanan Pangan. Di Jateng, Sudaryono sudah memiliki rencana untuk menghidupkan lahan-lahan kosong atau tidak produktif. Semua harus dimaksimalkan dan digarap agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Jateng.

"Ketahanan pangan menjadi satu keniscayaan dan Jateng harus bisa bergerak bersama untuk menjadi daerah penyangga ketahanan pangan nasional," tambahnya.

Kongres Tani Merdeka Indonesia dan deklarasi mendukung Sudaryono di Pilgub Jateng dilakukan ribuan petani se Indonesia. Rencananya Sudaryono akan kembali mengumpulkan tani dengan jumlah lebih besar sekitar Agustus mendatang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya