Kongres Tani Merdeka I: Wujudkan Ketahanan Pangan, Petani Harus Sejahtera

Kongres Tani Merdeka I di Semarang, Jawa Tengah
Sumber :
  • Ist

VIVA - Tani Merdeka, organisasi sayap Partai Gerindra, menggelar Kongres I di Hotel Setos Semarang, Sabtu, 29 Juni 2024. Kongres untuk mencari format dan formulasi sistem kebijakan bidang pertanian agar petani sejahtera.

Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

Ketua Umum DPP Tani Merdeka, Don Muzakir, mengatakan, ketahanan pangan menjadi salah satu program yang gencar digalakan pemerintah. Ia menilai program itu harus diimbangi dengan jaminan kesejahteraan para petani.

“Jadi kami ingin menjembatani pemerintah agar semua program yang pro petani benar-benar dirasakan petani. Sampai tingkat desa,” ujarnya di sela acara Kongres Tani Merdeka, kemarin. 

Zulhas Sindir Lawan Politik Prabowo: Kalau Tidak Bisa Bantu Doa, Jangan Ngejek!

Ia menambahkan, di Jawa Tengah sudah ada 7.200 Posko Tani Merdeka  yang tersebar di 8.500 desa, dan 29 Kabupaten. Posko-posko inilah yang akan menjadi wadah berbagai program, dan menyelesaikan masalah petani. Nantinya petani bisa menanyakan program Prabowo-Gibran di posko tersebut. 

“Termasuk persoalan pupuk langka. Kami ingin program pemerintah Prabowo-Gibran memiliki korelasi langsung ke daerah khususnya Jawa Tengah,” tambahnya. 

Kualitas dan Produktivitas Harus Didukung dengan Akses Modal hingga Teknologi

Tani Merdeka beranggotakan kaum tani, buruh, nelayan, dan peternak. Persoalan yang dihadapi di akar rumput adalah petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Tani Merdeka merupakan organisasi relawan yang mewadahi para petani. Dibentuk atas usul Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki perhatian besar terhadap para petani, terutama mereka yang kesulitan mendapatkan pupuk.

“Jika kita ingin mewujudkan ketahanan pangan, ya kesejahteraan dan masa depan petani diperhatikan,” tambahnya. 

Ketua Pembina Tani Merdeka, Sudaryono mengatakan, persoalan yang dihadapi petani cukup kompleks. Untuk itu, harus dicarikan solusi konkret untuk menyelesaikannya. Pihaknya menjadi salah satu pihak yang getol untuk menghapuskan kartu tani karena dinilai tidak efektif. “Kartu tani sudah dihapus. Dengan begitu, petani lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi,” ujarnya. 

Sudaryono yang juga Calon Gubernur Jateng ini persoalan lain petani setiap musim panen harga turun. Sehingga dalam hal ini petani yang dirugikan. Ia akan terus memperjuangkan bagaimana agar harga saat panen bisa stabil sehingga petani bisa untung. 

“Saya sudah berkeliling se Jateng, salah satu masalahnya memang ada tengkulak. Nah kita ingin memberikan solusi dan memperjuangkan bagaimana ketika saat panen harga stabil. Petani harus dilindungi dan disejahterakan, tetapi harga jual juga tidak boleh merugikan konsumen. Jadi semua diuntungkan,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya