Bukan Titipan, Salah Satu Kriteria Calon Pimpinan dan Dewas KPK Versi Wapres Maruf Amin

Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Seperti apa pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ke depan? Begitu juga dewan Dewan Pengawas atau Dewas KPK? Nah, Wakil Presiden KH Maruf Amin, punya kriteria yang harus dipenuhi oleh mereka yang akan memimpin lembaga antirasuah tersebut.

Novel Baswedan Cs Mau Daftar Capim KPK, Tunggu Keputusan MK

Wapres RI, Maruf Amin menyebut, pemilihan pimpinan KPK juga anggota dewas, harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena, kata Wapres, lembaga antirasuah keberadaannya sangat penting dan selalu menjadi sorotan publik, bahkan dinilai oleh pihak internasional.

Untuk itu, dia menekankan pentingnya memilih kandidat dengan kriteria tertentu untuk memastikan efektivitas dan kredibilitas lembaga antirasuah negeri ini ke depannya.

Kata Irjen Karyoto soal Namanya Disebut Maju Jadi Pimpinan KPK

“Saya kira paling pertama harus rekam jejaknya harus bersih. Itu rekam jejak. Sebab kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih, saya kira sulit,” kata Wapres Maruf Amin dalam keterangannya diterima wartawan, Jumat, 28 Juni 2024.

Wapres melanjutkan, kriteria selanjutnya yakni integritas dan komitmen. Mengingat ini yang menjadi unsur penting juga bagi seorang pemimpin di lembaga antirasuah.

Jokowi Persilakan KPK Usut Tuntas Korupsi Bansos Presiden

“Yang keempatnya, independen. Dan, independen jangan titipan ya, betul-betul (independen),” pintanya.

Menurut Maruf Amin, jika keempat kriteria tersebut terpenuhi, akan lahir Pimpinan dan Dewas KPK yang bisa diharapkan.

“Jadi, rekam jejaknya bagus, komitmennya juga, integritasnya, dan juga independensinya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya