Kata Irjen Karyoto soal Namanya Disebut Maju Jadi Pimpinan KPK

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto blak-blakan mengaku tak berambisi maju sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu menjawab soal isu dirinya akan maju sebagai calon pimpinan (Capim) KPK.

Jokowi Persilakan KPK Usut Tuntas Korupsi Bansos Presiden

"Kalau disebut ya silakan silakan saja yang menyebut. Saya sendiri, saya tidak terlalu berambisi, ya kita lihat ke depan ajalah," ujar dia, Kamis, 27 Juni 2024.

Meski begitu, dirinya tidak banyak bicara saat ditanya soal isu tersebut. Karyoto pun tidak gamblang menjawab saat ditanya kesiapan dirinya untuk maju sebagai Capim KPK nantinya. Adapun Karyoto diketahui pernah jadi Deputi Penindakan di lembaga antirasuah itu.

KPK Usut Dugaan Korupsi Proyek Pengerukan di 4 Pelabuhan, Sudah Ada 9 Tersangka

"Nanti kita lihat ya," kata dia.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto.

Photo :
  • Tangkapan layar.
Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas 2024-2028 Dibuka Hari Ini, Begini Persyaratannya

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua pansel calon pimpinan dan dewan pengawas (Dewas) KPK.

Selain itu, Pratikno juga menyebut Rektor IPB Arief Satria ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK.

"Pak presiden sudah menetapkan ketuanya adalah Muhammad Yusuf Ateh, beliau kepala BPKB. Kemudian wakil ketuanya adalah profesor doktor Arief Satria Rektor IPB dan sekaligus beliau kan juga ketua ormas besar ya," kata Pratikno di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Mei 2024.

Pratikno menambahkan, bahwa penunjukkan Yusuf sebagai Ketua Pansel Capim KPK sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

"Jadi itu memang ketuanya ini dari unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam PP nomor 4 tahun 2020 tentang tata cara pengangkatan ketua dan dewas KPK. Di situ disebutkan bahwa ketuanya adalah dari unsur pemerintah pusat jadi anggotanya total anggota panselnya ada 9 orang 5 dari unsur pemerintah pusat dan 4 dari unsur masyarakat gitu," ujarnya.

Mensesneg, Pratikno

Photo :
  • Kemenag

Berikut susunan Pansel Capim dan Dewas KPK:

-Ketua Pansel Muhammad Yusuf Ateh (Kepala BPKP)

-Wakil ketua Arief Satria (Rektor IPB dan ketua Ormas)

Anggota:

-Ivan Yustiavandana

-Nawal Nely

-Ahmad Erani Yustika 

-Ambeg Paramarta

-Elwi Danil

-Rezki Sri Wibowo 

-Taufik Rachman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya