Mendagri Tito Banyak ASN yang Mau Pindah ke IKN, Sudah178 Orang Ajukan Diri

Mendagri Tito di Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024
Sumber :
  • Mendagri

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan sejauh ini ada 178 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendaftarkan diri untuk ikut bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN). Mantan Kapolri itu juga menyebut, berbagai fasilitas telah disiapkan untuk para ASN di IKN.

Mendagri Tito Bakal Ungkap Nama Kepala Daerah Main Judi Online Jelang Pilkada

"Tapi, yang daftar sudah 178 (ASN). Banyak yang mau, terutama yang masih bujangan, yang belum punya anak. Karena kami dibatasi sementara kuotanya karena kesiapan infrastruktur di sana. kalau sudah jadi, berangkat lagi. Gelombang pertama ini memang kalau ada fasilitas buat 178 orang plus saya gitu, rumah menteri berarti kan, kita siap untuk tim dari Kemendagri untuk menempati di sana," kata Tito kepada awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Pemandangan kawasan inti pusat pemerintahan di IKN dari area glamping

Photo :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
Pembangunan IKN Sudah Serap APBN Rp 5,5 Triliun hingga Mei 2024

Namun, Tito menyampaikan pihaknya belum akan menerbitkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terkait dengan percepatan kemajuan karier bagi ASN yang ingin dipindahkan ke IKN.

"Belum, belum. saya hanya berpikir bahwa di daerah-daerah yang baru, ini kan babat alas istilahnya. Bagi saya pribadi enggak masalah karena saya sudah pernah dinas di tempat jauh lebih sulit seperti di Poso dua tahun, Papua dua tahun, bagi saya dinas di IKN yang dekat dengan Balikpapan, apalagi saya suka outdoor," kata Tito.

Viral Video Diduga ASN Kemenkumham Terciduk Nyabu Bareng Wanita di Toilet

Ilustrasi aparatur sipil negara atau ASN

Photo :
  • Ist

Meski begitu, Tito memastikan bakal mempertimbangkan percepatan terkait karier dan tempat bagi ASN yang ingin pindah ke IKN.

"Cuma bagi teman-teman yang belum pernah di tempat-tempat, di kota Jakarta saja, kita harus memancing mereka supaya mereka ada motivasi. Di antaranya, mungkin yang mau pindah ke sana nanti kita akan pertimbangkan percepatan carier test, testing place," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya