DPR Peringatkan Ancaman Aplikasi asal Tiongkok Kuasai Data Konsumen RI

Anggota Komisi VI DPR RI, Amin AK
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Anggota Komisi VI DPR, Amin Ak, menyoroti fenomena aplikasi asal Tiongkok Tiktok yang perlahan mulai menguasai Indonesia. Menurut Amin Ak, dampak fenomena tersebut tidak main-main.

Jangan Obral Data Pribadi

Dia menyebut penguasaan platform asing terutama perusahaan asal China cepat atau lambat akan mengancam usaha kecil-menengah. 

“Aplikasi TikTok yang menjadi pintu masuk produk asal China ke pasar Indonesia,” kata Amin kepada wartawan, Rabu 26 Juni 2024

Data di Pusat Data Nasional Terkena Ransomware Tak Bisa Dipulihkan

Anggota Badan Legislasi DPR RI, Amin Akram

Photo :
  • DPR RI

Menurut Amin, semua pihak harus mengantisipasi untuk memproteksi industri dalam negeri. Tanda-tandanya sudah nyata, PHK massal di Tokopedia baru-baru ini. 

Ungkap 7.000 Transaksi Judi Online Libatkan Anggota DPR, PPATK Tunggu Perintah Menko Hadi Buka Data

Bytedance yang sudah mengempit 75 persen saham di Tokopedia, kata alumnus STAN ini, bisa berbuat semaunya demi kepentingan bisnis mereka. 

“Tentunya pihak ByteDance akan mengutamakan sistem yang mereka bangun dan kembangkan, termasuk SDM yang sudah cocok dengan sistem mereka. Dan pengoperasian sebagian besar sistem dan teknologi itu tidak perlu dilakukan di Indonesia. Efisiensi biaya operasional perusahaan menjadi alasan utama PHK massal di Tokopedia,” ujar legislator Dapil Jawa Timur IV Fraksi PKS ini. 

“Jika tidak diantisipasi secara tegas dengan kebijakan protektif terhadap industri dalam negeri, maka perdagangan digital bisa menjadi ‘mesin pembunuh’ bagi industri lokal, seperti yang dialami (saat ini terjadi) di industri tekstil dalam negeri,” sambung Amin. 

TikTok Logo

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Amin juga sudah menduga, Tiktok sudah mulai melakukan penguasaan data dengan digabungnya seller center antar dua perusahaan. Big data, kata Amin, adalah hal sangat penting bagi perusahaan digital, terlebih saat ini yang memegang kendali merupakan raksasa teknologi Tiongkok Bytedance-Tiongkok. 

“Investasi besar-besaran ByteDance dengan menguasai 75% saham Tokopedia, tentu saja bukan hanya menjadi alat penetrasi ke pasar Indonesia. Namun juga penguasaan Big Data yang dimiliki Tokopedia dan GoTo (yang didalamnya ada keterlibatan Telkomsel)," kata Amin

"Bukan hanya sekedar data nomor ponsel, namun juga perilaku konsumen dan pola konsumsi di dalamnya. Dan itu bagian dari strategi market intelligent mereka,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya