SPBU yang Viral Diduga Curang Ternyata Milik Usaha Kwarnas Budi Waseso

SPBU Pertamina, ilustrasi harga BBM
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – SPBU yang viral diduga melakukan kecurangan terhadap konsumen, ternyata milik keluarga eks Komjen Pol Budi Waseso.

Tolak Permendikbud, Badan Wakaf Pesantren Gontor Pastikan Pramuka Hukumnya Wajib

Diberitakan sebelumnya, viral pengendara diduga dikelabui oleh oknum petugas SPBU Pertamina di daerah Cibubur yang diunggah melalui akun Instagram Info Cibubur dan Sekitarnya @infocibubur._, Selasa 25 Juni 2024.

Dugaan kecurangan ini terjadi di SPBU Buperta Cibubur Ini berawal ketika konsumen atau pemilik kendaraan berinisiatif meminta struk pengisian bensin.

Pakar Intelijen: Pramuka Tidak Boleh 'Dibubarkan'

"Kronologi : Jam 21.43 isi bensin Rp 150 ribu, inisiatif minta struknya pas di cek cuma Rp 100 ribu, kita komplain ke petugasnya, kita disuruh tunggu 15 menit untuk setoran mereka, setelah setoran katanya nggak ada uang lebih, cuma ada Rp 20 ribu recehan KATANYA ITU UANG TIP," tulis keterangan dari akun Instagram @infocibubur._.

"Petugas yang namanya D banyak omong dan bilang 'CUMA UANG 50 ribu DOANG RECEH MBA'  kalau nggak ada duit Rp 50 ribu nggak bakal jadi sejuta mas, yang namanya S awalnya memang bilang terima Rp 150 ribu, dan sudah mengisi Rp 150 ribu, tapi setelah datang staff lain yang pakai baju hitam bilang cek aja cctv, kita tunggu mereka cek cctv total tunggu 1 jam, ternyata memang mereka isi cuma 100 ribu," lanjutnya.

Kwartir Nasional Kampanyekan Gerakan Media Sahabat Pramuka, Apa Itu?

Karena video tersebut akhirnya sudah viral, pihak SPBU pun melakukan klarifikasi dan memanggil konsumen tersebut untuk menyelesaikan permasalahannya yang diunggah melalui akun Instagram @infocibubur._.

"Kami dari SPBU 34.16915 Terpadu Cibubur. Kami bermaksud untuk bertabayun dengan pemilik kendaraan yang lapor ke akun Info Cibubur dan Sekitarnya," tulis keterangan dari unggahan @infocibubur._.

"Rencana kami akan mengundang pemilik kendaraan tersebut untuk kami lakukan klarifikasi bersama di SPBU 34.16915 Terpadu Cibubur. Kami mohon bantuan admin untuk menjernihkan info yang disampaikan oleh admin. Terima kasih atas kerjasamanya," lanjutnya.

Dari penelusuran VIVA.co.id berdasarkan data dari Penyalur BBM Badan Usaha Niaga Migas untuk Kegiatan Usaha Niaga Umum BBM, SPBU berkode 34.16915 merupakan SPBU milik dari PT. Molino Pramuka yang berlokasi di Komp.Bumi Perkemahan Cibubur, Depok.

Melansir dari pramuka.or.id, PT Molino Pramuka merupakan Badan Usaha Milik Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang dipimpin oleh Budi Waseso.

Mantan Kepala BNN, Budi Waseso

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Direktur Utamanya adalah Yogo Wasono yang diketahui merupakan adik dari Budi Waseso atau yang akrab disapa 'Pak Buas'.

Bukan hanya Yogo Wasono, adiknya Budi Waseso yang lain yakni Dodi dipercaya sebagai Kepala Pengelola Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) atau Taman Bunga Cibubur yang juga merupakan unit usaha dari Kwarnas.

Sedangkan mantan Polisi berpangkat Komisaris Jenderal Polisi, Budi Waseso menjabat sebagai ketua Kwarnas dan Bachtiar Utomo sebagai Sekjen Kwarnas.

Purnawirawan TNI berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Bachtiar Utomo juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Molino Pramuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya