Kaget Harga Pangan di Kalteng Sama dengan Jawa, Jokowi: Artinya Distribusi Lancar

Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Badung, Bali (ilustrasi)
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Kalimantan Tengah – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama beberapa menteri, seperti Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Soal Prabowo Duduk Sejajar Jokowi di Sidang Kabinet, Begini Analisa Pengamat

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak para menteri blusukan meninjau harga pangan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ia menilai harga pangan masih terbilang stabil dan bagus.

"Saya lihat baik. Harga-harga sangat baik. Bawang merah Rp40 ribu, bawang putih Rp40 ribu, ayam Rp38 ribu. Sama juga di Jawa. Yang saya lihat tadi bagus. Cabai rawit tadi juga Rp45 ribu," kata Jokowi dikutip dari biro sekretariat Presiden, Rabu, 26 Juni 2024.

Jokowi Instruksikan Revisi Aturan Impor, Asosiasi Lega Bakal Bantu Industri Nasional

Selain itu, Kepala Negara memastikan distribusi bahan pangan dari pulau Jawa ke Kalimantan berjalan dengan lancar. Ia mengaku kaget karena harga bahan pangan di Jawa dan Kalimantan hampir sama.

Presiden Jokowi bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan blusukan ke pasar

Photo :
  • Dok. Istimewa
SUV Kompak Kian Populer, Ini Daftar Harga XForce, HR-V, dan Creta

"Tadi saya lihat faktanya di pasar harganya masih sama seperti di Jawa, artinya pasokan, distribusi, transportasi itu lancar. Saya tadi ngecek itu untuk itu. Saya juga kaget ternyata harganya hampir sama," ujar dia.

Adapun kunjungan ke pasar dilakukan Jokowi untuk mengetahui kondisi stok, pasokan dan harga bahan pangan. Sampit menjadi salah satu sampel dalam pengukuran tingkat inflasi di Kalimantan Tengah.

Pedagang menyortir cabai rawit di Pasar Tebet Barat, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Fluktuasi harga barang di Kotawaringin Timur sering terjadi cukup cepat. Pemicunya, sebagian bahan pangan masih didatangkan dari luar daerah seperti Pulau Jawa, sehingga ketika pasokan terganggu, harga biasanya akan naik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya