Sebar Petugas Timpora, Imigrasi Tangerang Sasar Tenaga Kerja Asing

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Uray Avian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Kantor Imigrasi Kelas I  Non TPI Tangerang melakukan rapat koordinasi tim pengawasan orang asing (Timpora), Rabu, 26 Juni 2024.

Dirjen Imigrasi Bingung PDN Tak Punya Back Up Data, Kini Gunakan Cloud Amazon

Dalam rapat tersebut, nantinya petugas gabungan baik dari pihak imigrasi ataupun stakeholder terkait akan diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pengecekan dokumen keimigrasian, bagi para orang asing yang berada di wilayah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Uray Avian mengatakan, pada Timpora ini pihaknya mengusung upaya pengawasan tenaga kerja asing di wilayah kerja imigrasi Tangerang.

Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen RUPSLB BSB, Fungsi Pengawasan OJK Dipertanyakan

Ilustrasi WNA di Imigrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

"Untuk rapat ini kita tahu banyak investor asing, makanya tema rapat Timpora yang kita angkat masalah optimalisasi terhadap pengawasan TKA atau Tenaga Kerja Asing," katanya.

103 WN Taiwan Sindikat Scamming Bermarkas di Bali, Sasar Korban Warga Malaysia

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan nanti tidak hanya menyasar TKA untuk menekan adanya pelanggaran keimigrasian. Namun, petugas yang ada di lapangan akan memeriksa dokumen dari pihak sponsor ataupun pihak yang menjamin keberadaan orang asing, dan perusahaan tempat bekerja.

"Yang kita periksa banyak macam, yakni pengawasan tentang kegiatan mereka, izin tinggal yang sesuai apa tidak dengan izin yang dimiliki oleh orang asing, termasuk pihak maupun sponsor yang mempekerjakan atau jamin orang asing tersebut," ujarnya.

Dengan Timpora ini, selain meningkatkan pengawasan, diharapkan terjadi sinergitas pertukaran informasi baik dari stakeholder terkait dengan jajaran imigrasi.

"Kegiatan ini tentu harapannya, bisa bersama sama imigrasi dan stakeholder lain melakukan pengawasan terhadap orang asing. Dan tidak tutup kemungkinan kita kerja sama lintas wilayah apabila diduga ada orang asing yang melintasi ke wilayah kerja rekan kita yang lain," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya