Jadi Salah Satu Caketum PB PMII, Begini Kiprah Hamas Nahdly

Caketum PB PMII Abdurrahman Hamas Nahdly
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) akan menggelar Kongres XXI di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 12-14 Agustus 2024 mendatang. Selain membahas rumusan organisasi untuk 3 tahun ke depan, Kongres XXI PMII akan memilih calon ketua umum PB PMII dan ketua KOPRI PB PMII periode 2024-2027.

Elit Golkar Merata Dukung Airlangga Hartarto Terpilih jadi Ketum Lagi, Yakin Menang Aklamasi

Panitia Kongres PMII sendiri telah menetapkan dan mengundi nomor urut calon ketua umum PB PMII dan KOPRI PB PMII masa khidmat 2024-2027 di Sekretariat PMII Jl Salemba Tengah, Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu malam, 22 Juni 2024.

Ada 22 calon ketua umum PB PMII dan 8 calon ketua KOPRI PB PMII yang ditetapkan dan telah mengambil nomor urut. Diantaranya Abdurrahman Hamas Nahdly, aktivis PMII asal cabang Sleman, Yogyakarta yang mendapatkan nomor urut 5. 

Jokowi Bakal Buka Kongres III Partai Nasdem, Ditutup Prabowo

"Alhamdulillah saya mendapatkan nomor urut 5. Ini mencerminkan kemenangan yang sempurna, karena Pancasila itu 5, rukun Islam juga 5," ujar pria yang biasa disapa Hamas ini usai pengambilan nomor urut.

Caketum PB PMII Abdurrahman Hamas Nahdly

Photo :
  • Istimewa
Kenapa Afriansyah Noor Dicopot dari Sekjen? Pj Ketum PBB Beberkan Alasan

Hamas mengatakan, nomor 5 memiliki arti penyempurnaan dari yang sudah baik menjadi lebih baik. PMII, kata Hamas, adalah organisasi yang dilahirkan di masa orde lama, di didik orde baru dan didewasakan reformasi. Karena itu, saatnya PMII unggul berperan dan terdepan dalam membawa perubahan bangsa, agama, dan negara. 

"Oleh sebab itu kami memiliki visi Menuju PMII Unggul, Berperan, dan Terdepan Membawa Perubahan Bagi Agama, Bangsa, dan Negara. Visi tersebut telah disederhanakan dalam tagline ‘Ambil Peran Bikin Perubahan," ujarnya. 

Profil Hamas Nahdly

Hamas lahir di komplek Pesantren Asidiqiyah Jakarta Barat pada 2 Desember 1994, tepatnya 29 tahun silam. Hamas dikenal sebagai aktivis akademis.

Ia memulai karir organisasinya sejak kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2012. Hamas yang lulus tahun 2016 ini kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Indonesia (UI) dan lulus dengan predikat pujuan pada 2022.

Tak puas sampai di sini, pada tahun 2024 ini Hamas telah mendaftar sebagai Mahasiswa Doktor (S3) UI pada program studi Kesejahteraan Sosial (Kesos).

Selain sebagai akademisi, Hamas dikenal sebaga anak muda dengan segudang pengalaman di bidang profesional. Sebut saja tahun 2017-2019, Hamas bekerja sebagai Community Development Officer Pertamina. Lalu tahun 2022-sekarang, Hamas menjadi Konsultan Ahli di Bappeda Jakarta dan Direktur Eksekutif Axar Digital Indonesia tahun 2022-sekarang.

Sementara jabatan terakhir di PMII yaitu menjadi Wakil Sekjen Bidang Media dan Opini Publik PB PMII periode 2021-2024. Dalam kapasitasnya sebagai pengurus, Hamas banyak melakukan transformasi digital media PMII, terutama untuk instagram, live streaming youtube dan website pmii.id. 

Bersama tim media PMII, Hamas memproduksi konten-konten yang menarik dan edukatif serta menyiarkan agenda PMII hingga ke pelosok negeri. 

Berkat konsistensi Hamas itulah, saat ini platform media sosial PMII memiliki ribuan subscriber, puluhan ribu viewers dan ratusan ribu pembaca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya