Sistem Pusat Data Nasional Sempat Down, Dirjen Imigrasi Pastikan Kini Sudah Pulih

Dirjen Imigrasi Silmy Karim
Sumber :
  • Dok Imigrasi

Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim mengatakan, saat ini Server Pusat Data Nasional atau PDN Kementerian Komunikasi dan Informasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang yang sempat down kini sudah kembali membaik.

Server Pusat Data Nasional Alami Gangguan, Polri Usut Dugaan Pidana Peretasan

Silmy Karim memastikan bahwa sistem tersebut sudah kembali bisa digunakan sejak Sabtu 22 Juni 2024 malam. Memang, pada Kamis 20 Juni 2024 kemarin sistem PDN down hingga mengalami pengularan antrian di Bandara Soetta.

Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai saat pemeriksaan keimigrasian menggunakan auto gate.

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
Serangan Ransomware di Indonesia Ungkap Adanya Kerentanan

"Dalam hal ini, saya mengapresiasi langkah recovery yang dilakukan rekan-rekan di imigrasi yang bertindak cepat dan bekerja 24 jam untuk memulihkan sistem imigrasi,” ujar Silmy Karim dalam keterangannya, Senin 24 Juni 2024.

Silmy menjelaskan ketika sistem mengalami gangguan berupa gangguan teknis maka hal itu bisa langsung bisa diperbaiki kurang lebih selama tiga jam. Namun, saat sistem mengalami gangguan dan terjadi kesalahan tekni hingga enam jam lebih, artinya ada dugaan berupa serangan siber.

5 Fakta Pusat Data Nasional yang Diserang Hacker

"Umumnya permasalahan teknis bisa terselesaikan dalam hitungan satu sampai tiga jam. Ketika sudah melebihi enam jam maka kami menyimpulkan bahwa ini pasti ada serangan lebih dari permasalahan teknis semata, misalnya masalah yang ditimbulkan oleh serangan siber. Permasalahan akibat serangan siber biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika serangannya ransomware. Sehingga kami harus putuskan pindah data center demi pemulihan pelayanan publik dan juga faktor keamanan negara," kata dia.

Silmy juga berharap sistem PDN yang sempat down bisa kembali berjalan normal. Tujuannya, karena penggunaan sistem tersebut saat ini sudah sangat dibutuhkan.

"Kepentingan publik menjadi prioritas dalam upaya pemulihan kesisteman yang dilakukan oleh Tim IT Ditjen Imigrasi, sehingga masyarakat yang akan melintas keluar dan masuk Wilayah Indonesia dapat terlayani dengan baik,” tutup Silmy.

Pengecekan pemeriksaan imigrasi manual di bandara seotta lantaran gangguan server PDN

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Sebelumnya diberitakan, Antrean mengular panjang terjadi di area pemeriksaan imigrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 20 Juni 2024.

Antrean panjang di area keberangkatan itu pun direkam kamera penumpang yang viral di media terjadi. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional atau PDN Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Netizen di linimasa X juga mengunggah antrean pada layanan imigrasi di badara Soekarno-Hatta, imbas dari server PDN Kominfo down. 

Akun Jessica @jesswjk juga membagikan suasana di bagian imigrasi yang ramai orang mengantri. Salah satu kejadiannya terjadi di terminal 2F sore ini pukul 16:05 WIB.

Dikonfirmasi, Senior Manager of Branch Communication adn Legal Bandara Soetta, Holik Muardi mengatakan, membenarkan perihal antrean tersebut yang mana, dampak dari adanya gangguan pada server. "Ya, antrean memang ada karena kan di cek manual," katanya saat dikonfirmasi.

Adanya hal itu, pihak pengelola Bandara Soetta melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi ataupun otoritas setempat untuk melakukan penguraian antrean. Hal ini karena, terdapat aturan khusus di area tersebut.

"Itu karena khusus, kita (pengelola) tidak bisa serta-merta. Jadi, kita bantu secara fasilitas, tapi kalau petugas memang tidak bisa ada di wilayah imigrasi tersebut, kalau di area tertentu seperti Imigrasi tidak boleh ada petugas lain karena ada undang-undangnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya