Penumpang Kapal KM Budi Utama yang Tenggelam di Pulau Padar Berhasil Dievakuasi

Tim SAR gabungan evakuasi penumpang kapal pinisi Budi Utama ke Labuan Bajo.
Sumber :
  • tvOne/ Jo Kenaru/Manggarai Barat-NTT

VIVA – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui tim aksi cepat atau Quick Response Team (QRT) KSOP Kelas III Labuan Bajo berhasil mengevakuasi korban kapal tradisional pengangkut penumpang KM Budi Utama yang tenggelam di perairan Selatan Pulau Padar, pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Pesawat Boeing 737 Max 8 Turun Tajam, Penumpang Alami Sakit Telinga hingga Mimisan

Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo, Stephanus Risdiyanto mengungkapkan tim QRT kolaborasi KSOP Kelas III Labuan Bajo bersama Basarnas Labuan Bajo, Polairud dan TNI Angkutan Laut berhasil mengevakuasi dengan selamat seluruh awak kapal dan seluruh penumpang.

"Seluruh penumpang dan ABK berhasil dievakuasi dengan selamat, selanjutnya dievakusasi menuju Labuan Bajo dengan menggunakan KM. Senada Pinishi," ucapnya dalam keterangannya, pada Minggu, 23 Juni 2024.

Diterjang Gelombang Tinggi, Kapal Pinisi Tenggelam di Perairan Pulau Padar

Kapal pinisi Budi Utama tenggelam di perairan Pulau Padar Labuan Bajo.

Photo :
  • Tangkapan layar video/ Jo Kenaru (tvOne NTT)

Stephanus membeberkan penyebab kapal tenggelam diduga karena terseret dan tidak bisa dikendalikan karena arus kuat dan gelombang di lokasi pertemuan arus.

Harapan Ahok di HUT Jakarta ke-497: Ada yang Urus Dengan Baik, Tidak Tenggelam

“Dugaan awal kapal tenggelam dikarenakan terseret sehingga tidak dapat dikendalikan, untuk itu saya himbau agar kita semua waspada dengan adanya cuaca ekstrem,” ujar Stephanus.

Kemenhub Evakuasi Korban Tenggelamnya Kapal KM Budi Utama (Doc: Kemenhub)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Lebih lanjut, Stephanus mengatakan personil dan kapal yang diturunkan yaitu Ruber Boat Basarnas dan KSOP Kelas III Labuan Bajo serta RIB Polair Polda NTT.

Anggota Tim yang ke lapangan dari KSOP sebanyak 5 Personil, Polair 2 Personil, Basarnas 3 Personil dan TNI AL 1 Personil 

“Pihak KSOP Kelas III Labuan Bajo selanjutnya mengeluarkan Notice To Mariner (NTM) dan Broadcast Securite kepada kapal-kapal yang berlayar disekitar perairan Padar dan Pulau Komodo sebagai antisipasi kecelakaan pelayaran,” tutup Stephanus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya