10 Kota dengan Polusi Udara Tertinggi di Indonesia, Ternyata Nomor 1 Bukan Jakarta

Deretan gedung bertingkat yang tertutup polusi di Jakarta, Jumat (21/6/2024).
Sumber :
  • ANTARA

VIVA –  Data terbaru dari IQ Air per hari Minggu, 23 Juni 2024, menunjukkan bahwa polusi udara di beberapa kota besar di Indonesia masih menjadi masalah serius.

Polusi Udara Jakarta Jadi Sorotan Pemain Keturunan Timnas Indonesia

Dalam pengukuran terbaru ini, Surabaya mengejutkan banyak pihak dengan menduduki posisi pertama sebagai kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di Indonesia, mengalahkan Jakarta yang biasanya berada di puncak daftar.

Hal ini menunjukkan bahwa permasalahan polusi udara tidak hanya terpusat di ibu kota, tetapi juga semakin menyebar ke kota-kota besar lainnya.

2 Fakta Menarik Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen yang Jarang Orang Tahu

Angka ini menunjukkan tingkat polusi yang sangat tidak sehat, terutama bagi kelompok sensitif seperti anak-anak, lansia, dan mereka yang memiliki masalah pernapasan.

Kota Surabaya nomor 1 polusi udara tertinggi dengan AQI (Air Quality Index) 179

Photo :
  • IQ Air
'Memprovokasi' Gaya Hidup Sehat dengan Nanoe X

Dengan angka AQI (Air Quality Index) atau indeks kuallitas udara yang sangat tinggi, banyak penduduk yang harus menghadapi dampak buruk dari udara yang tidak sehat, mulai dari gangguan pernapasan hingga penyakit kronis lainnya.

Jakarta kali ini berada di posisi keempat dengan AQI sebesar 141. Walaupun turun peringkat,kualitas udara di ibu kota masih tergolong tidak sehat.

Berikut 10 Kota di Indonesia dengan Polusi Udara Tertinggi di Indonesia berdasarkan IQ Air per Minggu 23 Juni 2024:

  1. Surabaya: 179
  2. Tangerang Selatan: 163
  3.  Medan: 146
  4. Jakarta: 141
  5.  Palembang: 107
  6. Bandung: 90
  7.  Jambi: 87
  8.  Pekanbaru: 79
  9.  Denpasar: 74
  10.  Palangka Raya: 60

Untuk mengatasi polusi udara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memodifikasi cuaca Jakarta.

“Kami berkoordinasi dengan BNPB dan BMKG mengenai arahan Pj Gubernur untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta, seiring dengan kondisi udara Jakarta yang sedang memburuk beberapa waktu terakhir," ucap Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dikutip ANTARA, Minggu 23 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya