Viral Guru Ini Jadi Instruktur untuk Penari Saman yang Tuli

Guru Viral Jadi Instruktur Penari Tuli
Sumber :
  • instagram @prokopim.mojokertokota

VIVA – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang guru memberi instruksi kepada siswa penyandang disabilitas tuli saat tampil tari saman di depan publik.

Viral Pengemudi Taksi Online Ini Menyelamatkan Nyawa Orang

Guru tersebut bernama Nawal Abdina atau lebih akrab disapa Dina, seorang Staf Pengajar di Sekolah Khusus Tunarungu Karya Mulia. Dina juga ditugaskan sebagai Pelatih Tim Kembang Renjana yang anggotanya terdiri dari siswa SMALB B Karya Mulia yang tuli.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @prokopim.mojokertokota pada Sabtu, 22 Juni 2024 ini menampilkan Dina yang tampil penuh semangat memberikan instruksi untuk siswanya di atas panggung. Tujuannya supaya siswa penari Kembang Renjana dapat menyelaraskan gerakan tari dengan musik yang diputar.

2 Kelompok Jemaat Gereja di Cawang Bentrok, Sejumlah Fasilitas Rusak

Guru Viral Jadi Instruktur Penari Tuli

Photo :
  • instagram @prokopim.mojokertokota

Video tersebut diambil saat siswa penari Kembang Renjana tampil di acara Pesta Rakyat Hari Jadi Kota Mojokerto yang ke-106 tahun pada Jumat, 21 Juni 2024 di Lapangan Raden Wijaya, Surodinawan.

Akhir Perkelahian Bocah Pesepeda dan Ojol di Jalur Sepeda Bikin Netizen Kecewa

Penari Kembang Renjana sendiri berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur dan tampil dengan formasi sembilan orang.

Kembang Renjana berhasil membuktikan kepada publik bahwa keterbatasan tidak menjadi penghalang seseorang untuk berkarya dan melestarikan kebudayaan Tanah Air. Orang dengan kondisi tuli juga bisa menjadi penari yang hebat dan menunjukan bakatnya dengan rasa bangga.

Dina sebagai pelatih juga mengajarkan kepada publik bahwa pembelajaran seni tari pada anak yang tuli bisa berjalan efektif, asalkan menggunakan metode yang tepat yaitu menjadi instruktur yang berdiri di depan mereka dan memberikan ekspresi serta ketukan agar penari tuli dapat memahami dan mengikuti gerakan. 

Guru Viral Jadi Instruktur Penari Tuli

Photo :
  • instagram @kembangrenjana_

Video tersebut lantas membuat banyak netizen terharu sekaligus bangga dengan hal yang dilakukan oleh Dina dan Kembang Renjana.

“Mba, aku nangis loh. Keren banget kamu Mb bisa menuntun mereka dengan sangat sangat baik dan tarinya keren,” tulis akun tira_misyu07.

Ada juga netizen yang berterima kasih kepada Dina atas jasanya dalam membimbing anak-anak disabilitas.

“Mba, makasih banyak ya udah bimbing mereka bisa sekeren dan sehebat ini, asli kamu keren pol,” tulis aku @here_i_am

Dina sendiri berterima kasih kepada @prokopim.mojokertokota dalam kolom komentar, hal ini karena @prokopim.mojokertokota menjadi akun yang mengunggah kegiatan Dina saat bekerja yang mana unggahan tersebut menjadi viral dan mendapat respon positif.

“Terima kasih, perkenalkan saya Dina, pelatih tim penari tuli @kembangrenjana_ dalam postingan ini, terima kasih apresiasi untuk kami Kak,” tulis Dina dalam akun @nawalabdinasy

Semoga kegiatan yang Dina dan Kembang Renjana lakukan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya