Citra DPR Meningkat, Cak Imin Minta Anggota DPR Makin Serius Bekerja

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Survei Kepemimpinan Nasional yang dilakukan Litbang Kompas periode 27 Mei 2024-2 Juni 2024 mencatat peningkatan citra baik DPR, mencapai level 62,6 persen, meningkat 12,1 persen dari periode Desember 2023 yang hanya sebesar 50,5 persen. Sementara itu, pada Oktober 2022, menurut lembaga yang sama, citra DPR hanya di angka 44,4 persen.

Jelang Pilgub Sumut 2024, Elektabilitas Nikson Nababan Moncer di Survei TBRC

Survei Litbang Kompas 2024 menggunakan teknik wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden dan penarikan sampel acak sederhana, ditemukan bahwa terdapat tren positif dalam apresiasi masyarakat terhadap DPR dari tahun ke tahun.

Ketua DPR Puan Maharani dan Gusti Ayu Bintang Darmawati

Photo :
  • ANTARA
PAN Tak Setuju Bentuk Pansus Haji: Tolong, Haji Belum Selesai!

Hal ini terjadi selama kepemimpinan Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, serta sekretariat dan anggota DPR lainnya.

Survei ini memiliki tingkat kesalahan (margin error) sebesar +/- 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Meutya Hafid Sebut Tak Ada Back Up Data PDNS Bukan Masalah Tata Kelola tapi Kebodohan

Abdul Muhaimin Iskandar atau yang lebih dikenal sebagai Cak Imin, mengingatkan agar semua anggota DPR dan sekretariat DPR tidak merasa puas diri dan justru harus meningkatkan keseriusan dalam menjalankan tugasnya.

"Tapi sebaliknya semua anggota DPR harus semakin serius dan bekerja keras, terutama menyelesaikan program legislasi yang belum disahkan serta secara pengawasan atas kinerja pemerintah harus ditingkatkan juga," kata Cak Imin dilansir dari Antara, Sabtu (21/6/24).

Cak Imin juga menyatakan rasa syukurnya karena citra baik DPR saat ini mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya, meskipun hal ini bukan yang pertama kali terjadi.

Lembaga wakil rakyat ini berhasil meningkatkan citra positifnya sebesar 12,1 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan, besaran peningkatan citra DPR itu mengalahkan TNI yang berada di urutan pertama.

Ilustrasi Rapat Paripurna di DPR.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Peningkatan citra positif DPR yang terungkap dalam hasil survei mencerminkan adanya peningkatan kepuasan publik terhadap kinerja DPR dalam menjalankan perannya sebagai lembaga perwakilan rakyat.

Hasil survei tersebut juga menandakan bahwa masyarakat lebih percaya dan memberikan legitimasi yang lebih besar terhadap DPR sebagai lembaga yang mewakili kepentingan rakyat.

Hal ini juga memungkinkan DPR dianggap lebih responsif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta berhasil menghasilkan kebijakan yang sesuai dengan harapan publik.

Lebih lanjut, survei Litbang Kompas tahun ini juga menunjukan lembaga negara yang mendapat citra positif secara berturut-turut adalah TNI dengan 89,8 persen, Polri 73,1 persen, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 68,6 persen, Kejaksaan 68,1 persen, Mahkamah Agung (MA) 64,8 persen, DPR 62,6 persen, Mahkamah Konstitusi (MK) 61,4 persen, serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 56,1 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya