Dukungan Publik Terus Merosot ke KPK, Alex Marwata: Pimpinan Bukan Malaikat

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata soal penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta –  Wakil Ketua KPK Alexander Marwata buka suara soal dukungan publik kepada KPK yang terus merosot. Dia menyinggung dukungan publik justru hilang karena ada satu sosok tertentu di pimpinan KPK yang sedari awal pencalonannya ditolak masyarakat.

KPK Pastikan Usut Dugaan Keterlibatan Anggota BPK Haerul Saleh di Suap WTP Kementan

"Trust KPK saya melihat 5 tahun terakhir ini sejak pemilihan pimpinan KPK jilid 5 publik sudah menolak sosok tertentu," kata Alex Marwata kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Namun, Alex tak menjelaskan sosok pimpinan yang jadi pudarnya dukungan publik ke KPK. Ia hanya bilang publik lupa padahal pimpinan KPK ada lima orang.

SYL Ungkit Jasanya sebagai Mentan Tak Dipertimbangkan, KPK: Itu Tugasnya, Bukan Prestasi!

"Tidak ada dukungan hanya karena ada satu sosok. Publik lupa masih ada sosok pimpinan yang lain. Bahwa KPK itu bukan milik pimpinan," jelas Alex.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id
KPK Banding Vonis 9 Tahun Penjara Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan

Pun, Alex meminta kepada publik agar tak menilai pimpinan KPK bak malaikat. Dia juga berharap agar pimpinan selanjutnya bisa didukung penuh sumber daya manusia atau SDM pegawai KPK yang berintegritas.

"Pimpinan bukan malaikat. Sosok-sosok yang nanti terpilih tanpa didukung oleh SDM yang juga berintegritas dan independen tidak akan bisa karena penangan perkara itu berjenjang. Jauh lebih mudah intervensi itu ke pegawai dibanding pimpinan," kata Alex.

Adapun barisan pimpinan KPK yang berbarengan dengan Alex Marwata yakni Nawawi Pomolango, Johanis Tanak, Nurul Ghufron dan Firli Bahuri. Namun, kini Firli Bahuri tak lagi jabat sebagai pimpinan KPK karena terlibat dugaan kasus korupsi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya