Hadiri Jamuan Makan Malam Delegasi RCEP, Pj Gubernur Akmal: Kaltim Buka Pintu untuk Investasi

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik (kiri) di Anhui, China.
Sumber :
  • Istimewa

Anhui – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengikuti Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau Kemitraan Ekonomi Konfrehensif Regional, di Provinsi Anhui, China.

Peringkat Daya Saing RI Tertinggi Sepanjang Sejarah, Kinerja Bahlil Diapresiasi

Dalam kesempatan tersebut, Akmal Malik dan seluruh delegasi RCEP juga menghadiri undangan jamuan makan malam kehormatan yang digelar Pemerintah Provinsi Anhui, di Crown Plaza Hotel Tunxi, Kamis, 20 Juni 2024

Jamuan makan malam itu merupakan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada seluruh delegasi RCEP, atas kehadiran secara langsung di ajang pertemuan tahunan ini. 

Prinsip Investasi yang Dipegang Investor Sukses, Warren Buffett hingga Ray Dalio

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat melakukan audiensi ke Petroleum LR di Tiongkok.

Photo :
  • Istimewa

Akmal Malik secara khusus duduk tepat di samping Wakil Gubernur Anhui Sun Yong. "Tentu kami sangat senang, sekaligus merasa sangat terhormat dengan jamuan makan malam ini. Kalimantan Timur membuka pintu lebar-lebar untuk kawan-kawan Anhui berinvestasi," ujar Akmal dalam keterangannya, Jumat, 21 Juni 2024.

Ditjen Bina Adwil Kemendagri Jajaki Kerja Sama RI-Tiongkok Dalam Penanggulangan Kebakaran

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik

Photo :
  • Pemprov Kalimantan Timur

Menurut Akmal, investasi terbuka di berbagai sektor sebab Kaltim memiliki potensi yang sangat besar, baik dari sisi sumber daya alam, hilirisasi, hasil kelautan, bahkan bisnis pariwisata. "Potensinya semakin besar karena ibu kota baru Indonesia ada di Kaltim. Kaltim akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia," kata Akmal.

Bagi Akmal, Provinsi Anhui menginspirasi Kaltim tentang bagaimana pentingnya sebuah pemerintah daerah bisa menyiapkan “manpower” pembangunan yang tidak hanya bergantung pada potensi sumber daya alam semata.  "Tetapi sukses menghadirkan manpower yang mampu memberikan nilai tambah tinggi dari potensi sumber daya daerah yang mereka miliki," ujar Akmal.

Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Anhui Sun Yong mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Pj Gubernur Akmal Malik dan seluruh delegasi anggota negara RCEP serta mitranya. "Kerja sama ini dapat lebih meningkatkan hubungan di segala sektor," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kerja sama tersebut juga membuka simpul hubungan baru yang saling menguntungkan bagi masing-masing pihak.

Sun Yong juga menyampaikan kepada undangan RCEP agar menikmati suasana Kota Huangshan, termasuk destinasi-destinasi wisata lainnya, terutama Yellow Mountain yang mencatatkan jumlah kunjungan prestisius. "Tahun 2023 jumlah kunjungam wisata sebanyak 60 juta orang," ujarnya.

Jamuan malam dihadiri juga antara lain Wali Kota Huangshan He Yi, Direktur Jenderal Kantor Luar Negeri Provinsi Anhui Qin Junfeng, Wakil Sekretaris Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara Asing Zhang Yangbin. 

Kemudian Konselor Tingkat II Departemen Perdagangan Internasional dan Perekonomian Kementerian Perdagangan Shen Xiaokai, dan Konselor Tingkat II Kantor Luar Negeri Provinsi Jiangsu Ding Xianzhong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya