Gara-gara Hasto Diperiksa KPK, FX Rudy Gerakkan Kader PDIP Solo

FX Rudy saat bacakan pernyataan sikap dukungan untuk Hasto di depan Kantor DPC PDIP Solo, Jumat, 21 Juni 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo– Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo bersama ratusan ratusan kader dan satgas partai berlambang kepala benteng moncong putih menyatakan pernyataan sikap untuk mendukung Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Dukungan tersebut disampaikan lantaran Hasto sedang berhadapan dengan KPK terkait kasus Harun Masiku.

KPK Sebut Eks Sestama Basarnas Pakai Uang Korupsi Rp 2,5 Miliar Buat Beli Ikan Hias

Ratusan jajaran pengurus, kader dan Satgas Cakra Buana memadati halaman kantor DPC PDIP Solo yang terletak di Jalan Hasanudin, Brengosan, Laweyan, Solo, Jumat, 21 Juni 2024. Selain itu, mereka juga duduk dengan beralaskan karpet di jalan depan kantor DPC PDIP Solo.

Kehadiran para kader dan satgas itu untuk mengikuti kegiatan umbul donga dalam rangka Peringatan Haul ke-53 Bung Karno yang dipusatkan di halaman Kantor DPC PDIP Solo. Selain umbul donga, acara tersebut juga diselingi dengan pembacaan pernyataan sikap dukungan untuk Ketua Umum DPP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

PDIP Bakal Tutup Bulan Bung Karno di GBK, Begini Rangkaian Acaranya

Pernyataan sikap tersebut dibacakan oleh Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo yang juga mantan Wali Kota Solo. Dalam pembacaaan pernyataan sikap itu, para pengurus, kader hingga satgas yang hadir diminta untuk berdiri dan menirukan ucapan pernyataan sikap terkait salah satu petinggi PDIP yang sedang menghadapi kasus melawan KPK.

“Pernyataan sikap, kami jajaran pengurus DPC, PAC, ranting anak ranting, badan departemen dan sayap PDIP Kota Surakarta menyatakan sikap siap bergerak dan digerakkan oleh ketua umum untuk menjaga dan mengamankan Ibu Megawati Soekarnoputri, sekjen partai Hasto Kristiyanto, pengurus partai dan menjaga marwah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dari segala bentuk intimidasi dan kriminalisasi hukum. Demikian pernyataan sikap semoga ha ini menjadi perhatian kita bersama, Surakarta, 21 Juni 2024,” kata dia.

KPK Tahan Tiga Orang Tersangka Dalam Kasus Korupsi Pengadaan Truk di Basarnas

Kemudian, pembacaan pernyataan sikap iu kembali dibacakan oleh salah satu petugas Satgas Cakra Buana dari panggung. Pembacaan pernyataan sikap itu hanya diikuti oleh ratusan satgas yang berseragam loreng merah hitam khas warna lambang partai berlambang kepala banteng moncong putih.

Sementara usai acara pembacaan pernyataan sikap tersebut, FX Rudy mengatakan seluruh satgas maupun pengurus PDIP Solo siap untuk bergerak maupun digerakkan untuk menjaga dan mengamankan aset-aset partai yang di antarnya merupakan simbo-simbol partai dan pimpinan-pimpinan partai serta marwah partai. 

“Sehingga hari ini kita memberikan dukungan kepada Pak Hasto Kristiyanto selaku sekjen partai yang telah dilakukan pemeriksaan yang selama ini hampir selesai pemilu, bahkan sudah selesai pemilu dilakukan pada saat tahun-tahun politik. Dan cara pemeriksaan stafnya pak sekjen dengan menyamar, membohongi karena katanya ditelpon pak sekjen namun ternyata tidak, dan diperiksa tanpa adanya surat pemanggilan,” ujar dia.

Setelah itu kemudian FX Rudy diikuti jajaran pengurus, satgas dan kader partai langsung membubuhkan tanda tangan dukungan untuk Hasto di atas kain putih yang memanjang. Mereka bergantian dengan tertib untuk memberikan tanda tangan dukungan. Namun sebelumnya FX Rudy terlebih dahulu memotong nasi tumpeng untuk acara umbul donga Peringatan Haul Bung Karno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya